30 Anjing Pelacak Bantu Ungkap Teror

0
Polda Jateng siapkan 30 anjing pelacak untuk tangani kejahatan. Foto: Ade Lukmono/Semaranginside.com

Oleh: Ade Lukmono

Semaranginside.com, Semarang – Saat ini, unit Satwa Direktorat Sabhara (Ditsabhara) Polda Jawa Tengah miliki 30 anjing untuk membantu tugas polisi. Mereka setiap hari dilatih untuk membantu tindakan pada pelacakan narkotika, bahan peledak, kebencanaan, pelacakan umum dan tindakan huru hara.

PS Kanit Satwa Ditsabhara Polda Jawa Tengah, Ipda Henry Sulistyanto mengatakan, 30 anjing ini dibedakan berdasarkan spesialisasi yang dia miliki. Mereka juga dipisah di tempat berbeda berdasarkan spesialisasinya.

Baca Juga:  Tindak Lanjut Listrik Padam, Polda Jateng Selidiki Dugaan Pohon di Gunung Pati

Dalam pemilihan calon anjing pelacak, tidak ada kriteria khusus berdasarkan jenisnya. Para anjing dipilih karena karakteristiknya yang agresif.

“Sifat anjing pelacak biasanya berkarakter agresif agar mudah dilatih. Oleh karena itu, kami pisah kandangnya,” ujarnya, Kamis (14/11).

Sebagai contoh, jika anjing pelacak bahan peledak, jika menemukan benda mencurigakan diduga bom akan diam dan duduk. Jika anjing pelacak menemukan narkotika atau barang bukti kejahatan yang dimaksud, dia akan merespons dengan mengaruk tempat diduga penyimpanan.

Baca Juga:  Bersama Suami, Komedian Nunung Diamankan Polisi Terkait Narkoba

Anjing ini tidak hanya untuk penyelidikan atau pengungkapan kasus oleh kepolisian. Masyarakat yang ingin mengunakan jasa anjing pelacak dapat mengajukan melalui Polsek atau Polres terdekat.

“Karena sifatknya pelayanan kepada masyarakat dan perbantuan, kami siap. Silakan ajukan ke polsek, polres terdekat,”

Ipda Henry Sulistyanto menambahkan, pihaknya siap menerjunkan anjing pelacak untuk antisipasi teror. Anjing-anjing ini juga siap melakukan penjagaan di lokasi-lokasi rawan teror.

(Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of