9.336 Calon Mahasiswa Unnes Absen Seleksi Mandiri

0

Oleh: Agus Susilo

Semaranginside.com, Semarang – Dari total 21.658 pendaftar ujian seleksi mandiri Universitas Negeri Semarang (Unnes), hanya 12.322 calon mahasiswa yang datang. Sebanyak 9.336 orang tidak hadir di hari pertama seleksi yang dilaksanakan Minggu (21/7).

Sesuai tahapannya, Ujian dilaksanakan dua hari, hingga Senin (22/7).

Rektor Unnes Fathurrahman menjelaskan ujian seleksi mandiri ini terbagi menjadi dua. Yakni ujian berbasis komputer (UBK) dan ujian berbasis cetak (UBC).

“Dari 21.658 pendaftar terdapat 12.322 calon mahasiswa baru yang mengikuti ujian,” kata Fathurrahman, Minggu (21/7).

Baca Juga:  Tak Terima Dituding Ingin Makar, Kivlan Zen Laporkan Balik Pelapornya

Fathurrahman mengatakan ada sedikit perbedaan materi yang diujikan pada seleksi tahun ini jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Terdapat materi yang berkaitan dengan konservasi, wawasan kebangsaan, serta anti korupsi. Hal ini dinilainya penting untuk mencetak generasi yang bersih. “Mulai masuk Unnes sudah diberi pendidikan anti korupsi,” katanya.

Untuk pelaksanaan ujian berbasis komputer tersebut, lanjutnya, telah disediakan sekitar seribu unit komputer. Semuanya berlokasi di Kampus Unnes yang berada di Gunung Pati Semarang.

Sementara untuk peserta ujian tertulis, kata dia, menempati lokasi yang tersebar di 23 titik.

Baca Juga:  Isi Bensin, Kapal Patroli Polairud Terbakar di Pelabuhan Tanjung Emas

Kemudian untuk hari kedua ujian seleksi, Senin (22/7), ujian yang dilaksanakan berupa tes ketrampilan bagi calon mahasiswa yang mengambil jurusan olahraga dan seni.

Untuk kuota mahasiswa yang diterima dari jalur ini sebesaar 30 persen dari total 7.205 kurSi yang disediakan. Kemudian untuk pengumuman dilakukan pada 30 Juli 2019 di laman www.unnes.ac.id. (Ags/Ant)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of