Ada Indikasi Malware Pada Aplikasi Snaptube

0
Aplikasi pengunduh video Snaptube. Foto: Apkfolkes

Oleh: Anisa Tri K

Semaranginside.com, Jakarta – Saat ini, terdapat banyak aplikasi pengunduh video dari platform seperti Youtube, Facebook, Instagram, dan lain-lain. Aplikasi ini sebenarnya tidak tersedia di Google Play Store karena tidak sepenuhnya legal.

Jenis aplikasi ini berada di luar play store, yang berarti mereka tidak memiliki sertifikasi Google dan rentan terhadap malware tertentu.

Melansir digi statement, Minggu (20/10), perusahaan keamanan Upstream mengatakan, jika salah satu aplikasi pengunduh video populer seperti Snaptube telah ditemukan menghasilkan klik iklan palsu, dan pembelian langganan premium tanpa izin pengguna.

Baca Juga:  Tim Putri PSIS Siap Arungi Seri Keempat

Pengembang Snaptube mengklaim jika terdapat 40 juta pengguna menggunakan aplikasi mereka, dan telah diunduh lebih dari satu miliar kali. Menurut pengembang, aplikasi ini aman untuk digunakan.

Tetapi, kabar terbaru berkata sebaliknya. Setelah mendengar keluhan langganan otomatis dari pengguna, perusahaan keamanan Secure-D (Hulu) mulai menyelidiki dan menemukan sebuah fakta mencengangkan.

“SnapTube telah menayangkan iklan yang tak terlihat. Iklan disembunyikan dari pengguna karena tidak muncul di layar,” ujar perwakilan Hulu.

Menanggapi penemuan ini, Guy Krief, CEO Upstream, mengatakan jika hal tersebut merupakan tes lab aplikasi.

Baca Juga:  Ini Daftar E-commerce di Pesta Harbolnas 11.11

“Dalam kondisi pengujian, kami menemukan tidak hanya latar belakang penipuan klik iklan, tetapi juga banyak contoh pengguna yang mendaftar untuk layanan digital atau berlangganan bahkan ketika telepon tidak digunakan,” katanya.

Demi keamanan, disarankan untuk menghapus instalan Snaptube atau aplikasi tidak resmi serupa lainnya, agar data pribadi dan perangkat Anda tetap terlindungi. (*/Dry/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of