Ada Pelanggaran, Sejumlah TPS di Jateng Ini Wajib Pemungutan Ulang

1
Gubernur Ganjar Pranowo, Kapolda Irjen Pol Condro Kirono, Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Mochamad Effendi, KPU, Bawaslu, Ketua MUI dan jajaran Forkompimda hadir di konpers pelaksanaan Pemilu di Jateng, Kamis (18/4).

Oleh: Agus Susilo

Semaranginside.com, Semarang – Ketua KPU Jawa Tengah, Yulianto Sudrajat mengatakan, ada tiga TPS di Jawa Tengah yang harus dilakukan pemungutan suara ulang. Tiga TPS itu yakni dua di Kabupaten Tegal dan satu di Kabupaten Jepara.

Namun pemungutan suara ulang yang dilakukan karena adanya pelanggaran administrasi. Misalnya di TPS Jepara, kesalahan karena Ketua KPPS nya berhalangan hadir dan diganti orang lain yang tidak sesuai dengan yang tertera dalam blanko.

“Sementara dua TPS di Kabupaten Tegal, persoalan yang terjadi karena ada pemilih diluar DPT namun mencoblos di TPS itu,” kata Yulianto pada saat konferensi pers terkait pelaksanaan Pemilu di Jateng, Kamis (18/4).

Baca Juga:  Mendagri: Seperempat Penduduk Indonesia Tinggal di Wilayah Rawan Malaria

Hadir Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono, Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Mochamad Effendi, Bawaslu, Ketua MUI dan jajaran Forkompimda.

Proses pemungutan suara ulang di tiga TPS itu lanjut Yulianto akan dilaksanakan pada Sabtu (20/4).

“Sekarang kami sedang kebut distribusi logistik dan persiapan-persiapan lainya. Kami juga akan gencar sosialisasi kepada masyarakat setempat agar tetap antusias mengikuti pemungutan suara ulang,” ujar Yulianto.

Terkait partisipasi Pemillu serentak di Jateng mencapai 80% dan melampaui target.

Baca Juga:  CEO Klub PSIS Raih Kursi di DPR RI 2019-2024

Gubernur Ganjar Pranowo mengatakan, pihaknya berterimakasih kepada seluruh masyarakat dan pihak terkait dalam suksesnya penyelenggaraan pemilu tahun ini. Selain itu, masyarakat juga dihimbau untuk bersabar dan menunggu hasil penghitungan suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menunggu putusan resmi siapa pemenang kontestasi pemilu 2019.

Sementara itu, Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono mengatakan, meski sejumlah daerah ditetapkan sebagai daerah rawan, namun saat pelaksanaan pencoblosan kemarin semua berjalan aman.

“Saya sendiri bersama pak Pangdam berkeliling ke sejumlah tempat, seperti di Temanggung dan Soloraya. Semuanya berjalan aman dan kondusif,” tegasnya. (Ags)

1
Berikan Komentar

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Indonesiainside.id, Semarang – Pemungutan suara di tiga tempat pemungutan suara (TPS) di Jawa Tengah akan diulang. Ketua KPU Jawa Tengah, Yulianto Sudrajat mengatakan, tiga TPS itu yakni dua di Kabupaten Tegal dan satu di Kabupaten Jepara. […]