Ajukan Putusan Sela, Sigit Ibnugroho; KPU Jangan Lantik Waketum DPP Gerindra

0
Mantan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sekaligus Caleg terpilih dari Dapil I Jawa Tengah pada Pemilu 2019, Sigit Ibnugroho Sarasprono. Foto:Ant

Oleh: Ade Lukmono

Semaranginside.com, Semarang – Mantan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sekaligus Caleg terpilih dari Dapil I Jawa Tengah pada Pemilu 2019, Sigit Ibnugroho Sarasprono dipecat oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra. Dia merasa kecewa atas keputusan DPP tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu.

Sigit juga merasa kecewa pada KPU yang langsung menggantikannya dengan caleg lainnya yang mendapat perolehan suara di bawahnya, yakni Waketum DPP Gerindra Sugiono yang juga dari Dapil I Jateng.

Dia mempertanyakan keputusan partai, bahwa putusan PN Jaksel tidak pernah ada menyatakan dilakukan pemecatan. Hanya mengatakan langkah partai untuk mengambil tindakan administrasi atas putusan PN Jaksel.

Baca Juga:  BPN Rapat Konsolidasi Penetrasi Jawa Tengah

“Sedangkan pemecatan itu seperti apa? Tidak ada panggilan, tidak klarifikasi, tidak ada Mahkamah Kehormatan, tidak ada apa-apa, tahu-tahu dipecat sepihak,” keluhnya, Minggu (22/9) malam.

Sigit dan tiga rekan lainnya mengetahui bahwa mereka dipecat berdasarkan informasi dari KPU. Saat itu dia melihat di website KPU nama-nama caleg terpilih yang akan dilantik pada 1 Oktober 2019 yang komposisinya sudah berubah.

“KPU menunjukan surat dari DPP Gerindra soal nama-nama pengganti dan lampiran surat pemecatan kami berempat. Yang benar saja, kami dipecat karena apa, ini arogan sekali. Partai model apa ini?” katanya.

Rencananya, Sigit menggugat DPP Gerindra atas pemecatan tersebut, dan menggugat KPU di PTUN Jakarta Selatan pada Senin (23/9). Dia akan menggugat bersama-sama tiga rekan lainnya yang bernasib sama.

Baca Juga:  Gerindra Sindir Keuangan APBN

“Jadi saya minta putusan sela dari PTUN, status quo dulu dong, ini masih sengketa jangan dilantik semua, kan begitu,” katanya.

Sebelumnya ada empat nama caleg Gerindra menjadi anggota DPR yang menggeser caleg lainnya, di antarnya Mulan Jameela (Dapil Jabar XI) menggantikan Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi, Katherine (Dapil Kalbar I) menggantikan Yusid Toyib, Yan Parmenas Mandenas (Dapil Papua) menggantikan Steven Abraham, dan Sugiono (Dapil Jateng I) menggantikan Sigit Ibnugroho Sarasprono.

(Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of