Akhir Pekan, Borobudur International Arts and Performance Festival Digelar

0
Candi Boroburu. Foto : borobudurpark.com

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Semarang – Borobudur International Arts and Performance Festival (BIAPF) bakal kembali digelar. Acara tersebut dilangsungkan di Kawasan Candi Borobudur Jumat-Minggu (5-7) nanti. Acara tersebut memasuki penyelenggaraan kelima.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Sinung N Rachmadi mengungkapkan, BIAPF tahun ini mengusung tema Harmony in Diversity.  Dia berharapan, lewat kegiatan itu akan tercipta keserasian dari keanekaragaman budaya dan peradaban nusantara serta antarbangsa sehingga dapat mempererat persahabatan melalui pariwisata dan budaya.

Baca Juga:  Sambut Waisak, Nanti Malam Ratusan Lampion Dilepas di Borobudur

Sinung juga mengungkapkan, BIAPF tahun ini nanti akan dimeriahkan dengan penampilan kesenian dari negara-negara sahabat.

“Kesenian dari beberapa negara sahabat bakal tampil yakni Spanyol, Meksiko, dan Hongaria. Selain itu juga ada penampilkan dari provinsi lain yakni Lampung, DKI Jakarta, Banten, Sulawesi Utara, dan Aceh,” terangnya pada para wartawan saat konferensi pers.

Selain itu juga akan tampil beberapa seniman dari Blitar, Muara Enim (Sumatera Selatan), dan kabupaten atau kota seJawa Tengah. Mereka bakal tampil di dua area yang disiapkan yakni Taman Lumbini, Kompleks Candi Borobudur dan Candi Pawon, di Desa Wanurejo.

Baca Juga:  Libur Lebaran, Kunjungan Wisatawan ke Jateng Naik 40 Persen

Sinung kemarin juga menjelaskan, BIAPF tadinya bernama Borobudur International Festival. Kegiatan digelar empat tahun sekali. Kali pertama diadakan 2003, kemudian dilanjutkan pada 2007 dan 2013. Tahun lalu, nama acara tersebut diubah menjadi BIAPF dan dinyatakan menjadi agenda tahunan.(nug)

 

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of