Aksi 24 September UIN Walisongo “Resmi Libur”, Ini Tanggapan Rektorat

0

Oleh: Ade Lukmono

Semaranginside.com, Semarang – Di media sosial dan aplikasi perpesanan di lingkungan Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang beredar seruan libur resmi pada 24 September 2019. Perkuliahan dialihkan ke depan Kantor Gubernur Jawa Tengah untuk melakukan aksi turun ke jalan terkait Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP).

Dalam poster yang beredar muncul ajakan untuk mengosongkan kelas dengan tanda pagar #kosongkankelas #uinwsturunjalan #gerudukgubernuran. Poster juga berisi ajakan untuk membangkitkan ghirah (semangat) untuk menolak RUU yang melemahkan demokrasi.

Menanggapi seruan yang ramai dengan ajakan mengganti perkuliahan dengan aksi turun jalan tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Muhsin Jamil menerbitkan surat edaran.

Baca Juga:  Pazaarseni 2019 Digelar September

Dalam surat tersebut, pimpinan UIN Walisongo menyatakan dua hal, yaitu pertama kegiatan akademik pada 24 September 2019 berjalan seperti biasa.

“Kedua, para dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan di lingkungan UIN Walisongo diminta untuk tetap melakukan aktivitas seperti biasa,” ungkapnya, Senin (23/9).

Diketahui, mahasiswa UIN Walisongo Semarang akan melakukan aksi turun ke jalan bergabung bersama kampus, komunitas dan LSM di Kota Semarang di depan Kantor Gubernur Jateng, Selasa (24/9). Aksi turun jalan tersebut sebagai bentuk kekecewaan pada pemerintah yang telah dinilai lalai dalam menyusun dan menetapkan kebijakan, mulai dari Revisi UU KPK hingga munculnya RKUHP dan RUU P-KS. Hal itu dinilai akan menciderai rasa keadilan.

Baca Juga:  Cek Kesiapan Mudik, Gubernur Keliling Jalur Tengah Hingga Selatan

Kabag Ops Polrestabes Semarang, AKBP Iga DP Nugraha mengatakan akan mengerahkan keamanan sebanyak 500 personel kepolisian untuk mengawal dan memfasilitasi jalannya aksi di depan Kantor Gubernur Jateng.

Dia mengatakan, pengamanan yang akan dilakukan lebih kepada pendekatan persuasif kepada para peserta aksi agar aksi berjalan kondusif.

(Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of