Angin Kencang di Jateng, Ini Penjelasan BMKG

0
Kasi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Semarang, Iis W Harmoko. Foto: Ade Lukmono/Semaranginside.com

Oleh: Ade Lukmono

Semaranginside.com, Semarang – Memasuki peralihan musim dari kemarau menuju penghujan, angin kencang mulai melanda beberapa wilayah di Jawa Tengah. Selain itu, hujan dengan waktu singkat juga mulai mengguyur beberapa wilayah, terutama di malam hari

Kasi Data Informasi dan Komunikasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Semarang, Iis Widya Harmoko menjelaskan, fenomena ini lazim terjadi saat transisi musim kemarau ke penghujan.

“Angin kencang akhir-akhir ini karena angin monsun Australia cukup kencang karena adanya perbedaan tekanan udara yang signifikan. Sehingga menyebabkan angin kencang di beberapa wilayah Jateng,” kata Iis saat dihubungi, Senin (21/10).

Baca Juga:  Mantan Pemain Real Betis Ndaftar Calon Bupati Samosir

Iis memaparkan, kekuatan angin yamg berhembus akhir-akhir ini masih dalam kategori sedang, yakni dengan kecepatan antara 13 km/jam hingga20 km/jam. Kecepatan tersebut dikatakannya belum berpotensi menimbulkan puting beliung.

Dalam kondisi ini, Iis mengimbau masyarakat untuk waspada dan meminta agar masyarakat menghindari bangunan dengan konstruksi yang kurang kuat serta pohon besar yang rindang karena dikhawatirkan akan roboh.

Pihaknya memprediksi, angin kencang akan terjadi 2 hingga 3 hari bahkan satu pekan. Angin kencang ini juga belum mempengaruhi gelombang tinggi. Saat gelombang masih terbilang normal, yaitu 2,5 meter untuk Laut Selatan dan 1,25 meter untuk Laut Jawa.

Baca Juga:  Bentrok Siswa SMK dan Aparat Masih Berlanjut Malam Ini

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of