Angin Kencang Rusak Ribuan Rumah di Jateng

0
Ilustrasi. Rumah rusak akibat angin. Foto: Antara

Oleh: Ade Lukmono

Semaranginside.com Semarang – Dalam beberapa hari terakhir, angin kencang menerjang pemukiman warga terjadi di beberapa daerah di Jawa Tengah. Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah mencatat, setidaknya ada empat kabupaten di Jawa Tengah yang mengalami dampak hingga membuat rumah-rumah warga rusak, yakni di Magelang, Brebes, Wonosobo dan Banjarnegara.

Kepala BPBD Jateng, Sudaryanto mengatakan, fenomena angin kencang ini disebabkan adanya peralihan musim atau pancaroba. Dia memprediksi, angin kencang masih akan bisa terjadi hingga beberapa waktu ke depan.

“Kami masih berkoordinasi mendata kerusakan akibat angin kencang untuk langkah yang akan diambil,” kata dia, Selasa (22/10).

Baca Juga:  Said Aqil: NU Sahabat PDIP

Di Kabupaten Magelang tepatnya di 4 dusun di Desa Ketundan, Kecamatan Pakis, angin kencang mengakibatkan 5 rumah tertimpa pohon. Kemudian di Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, sebanyak 27 rumah rusak ringan. Sedangkan di Dusun Tejosari Desa Tejosari Kecamatan Ngablak, terdapat 8 rumah rusak berat.

Untuk Kabupaten Brebes di Dusun Kasa Desa Batursari, Desa Dawuhan Kecamatan Sirampog, sebanyak 9 rumah rusak berat, 3 rumah rusak sedang dan 53 rumah rusak ringan.

Di Wonosobo, angin kencang berdampak pada 211 rumah di Kecamatan Sapuran, 308 rumah di Kecamatan Kalikajar, Kecamatan Kepil 11 rumah, Kecamatan Kertek ada 22 rumah dan gapura selamat datang perbatasan Wonosobo-Temanggung Roboh serta bangunan SDN 2 Kapencar juga terdampak.

Baca Juga:  Kredit Macet Bank Jateng Nyaris Rp1 Triliun

Sedangkan di Kecamatan Garung terdapat 248 rumah terdampak angin kencang. Kecamatan Kejajar ada 58 rumah terdampak. Fasilitas umum yang terdampak di Wonosobo yaitu SDN 1 Banyumudal, SDN 2 Purwojiwo, Masjid Krawatan, SDN 2 Kapencar.

“Di Kabupaten Banjarnegara di satu Kecamatan Batur sebanyak 8 desa mengalami kerusakan akibat angin kencang. Sebanyak 202 rumah rusak berat, 510 rusak sedang dan rusak ringan 385 rumah. Kerusakan di wilayah ini didominasi oleh rusaknya atap rumah,” pungkasnya.

(Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of