Animasi Bantu Penanggulangan Bencana

0
Ketua Program Studi Animasi Udinus Dr Khafiidzh MKom dan Kepala Pelaksana BPBD Kota Semarang Agus Harmunanto seusai penandatanganan kerja sama. Foto : dinus.ac.id

Program Studi Animasi D-4 Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) digandeng Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang dalam menanggulangi bencana. Kerja sama itu nantinya akan berbentuk animasi yang memudahkan masyarakat dalam pencegahan dan kesiapsiagaan bencana.

semaranginsiden.com, Semarang – Udinus kembali menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Semarang. Kali ini, Program Studi Animasi D-4 yang bernaung di Fakultas Ilmu Komputer berkolaborasi dengan BPBD Kota Semarang. Bahkan, program studi tersebut dinobatkan sebagai Duta Mitigasi oleh BPBD Kota Semarang.

Ketua Program Studi Animasi Udinus Dr Khafiidzh MKom mengatakan, bentuk kerja sama itu yakni pembuatan animasi mengenai informasi kebencanaan dari mulai mitigasi (pencegahan) hingga cara menanggulangi saat terjadi bencana. Menurutnya melalui media animasi, masyarakat akan lebih mendapatkan langkah-langkah yang konkrit dalam menyiapkan diri, sebelum terjadi bencana, maupun saat dan sesudah bencana terjadi.

Baca Juga:  Unnes Raih Penghargaan Leprid

“Animasi sekarang menjadi media yang ampuh dalam penyebaran informasi yang berguna bagi masyarakat luas. Dengan terpilihnya Progdi Animasi D-4 Udinus sebagai Duta Mitigasi Kota Semarang, diharap bisa mengurangi dampak dari bencana. Hal itu akan kami sampaikan melalui informasi animasi yang menarik dan mudah dipahami penonton,” ujarnya dikutip dari situs resmi Udinus.

Penobatan Duta Mitigasi dilakukan di markas BPBD kota Semarang yang berada di Kompleks Terminal Penggaron, Jalan Majapahit KM 11, Plamongan Sari, Pedurungan. Pertemuan antara BPBD Kota Semarang dengan Progdi D-4 Animasi Udinus dihadiri oleh jajaran dari kedua belah pihak. Dalam pertemuan tersebut dibahas juga konten kreatif yang dibutuhkan oleh BPBD Kota Semarang dalam penyampian mitigasi bencana kepada masyarakat.

Baca Juga:  Menakar Agresivitas PSIS

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Semarang Agus Harmunanto merasa terbantu dengan adanya kerja sama antara Udinus dengan Pemerintah Kota Semarang dalam pencegahan dan kesiapsiagaan bencana. Kerja sama ini menurutnya akan memudahkan pemerintah dalam menginformasikan kebencanaan di kota Semarang yang juga dilewati oleh patahan bumi yang sewaktu-waktu akan aktif.

“Fenomena tanah bergerak yang ada di daerah Gunungpati juga menjadi bencana yang patut kami waspadai. Melalui animasi yang dibuat oleh Progdi Animasi D-4 Udinus ini, kami berharap masyarakat bisa lebih sadar dan mengerti bagaimana menyiapkan diri sebelum bencana terjadi,” tegasnya.

Kahumas Udinus Agus Triyono berharap kerja sama antara dunia pendidikan dengan dunia pemerintahan mampu menjadi alat yang baik dalam penyampaian informasi mitigasi kepada masyarakat luas.(nug)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of