Apa Kabar Pasar Johar? Ini Progresnya

0

Oleh: Ade Lukmono

Semaranginside.com, Semarang – Pembangunan Pasar Johar Semarang yang berada di Jalan Agus Salim Kota Semarang kini tengah dalam tahap finishing. Rencananya, pasar yang menjadi pasar tradisional terbesar se-Asia Tenggara ini bisa dioperasikan pada akhir tahun ini.

Sekretaris Dinas Penataan Ruang Kota Semarang, M Irwansyah menerangkan untuk progres pembangunan Johar Heritage sudah mencapai 98 persen.

“Saat ini tinggal pembenahan dan pengecakan instalasi kelistrikannya saja. Kemudian nanti akan ada serah terima dari Kementrian PUPR,” kata Irwansyah, Rabu (4/9).

Baca Juga:  Ini Durian Monti, Berat 10 Kg dan Blasteran Thailand-Semarang

Untuk kapasitas pedagang, masih menunggu kajian yang dimaksudkan untuk mengetahui kekuatan bangunan dan bagaimana perawatan bangunan.

Kepala Dinas Perdagangan, Fravarta Sadman menerangkan, masih menunggu kajian karena bangunan cagar budaya mempunyai aturan yang spesifik. Termasuk rekomendasi jumlah pedagang dan jenis dagangan yang bisa masuk ke bangunan Pasar Johar yang baru.

“Kami akan koordinasikan terlebih dahulu karena bangunan cagar budaya memiliki spesifikasi tertentu, termasuk cara pemeliharaannya dan zonasi. Selain itu diperhatikan pula beban yang djterima bangunan nanti ketika memasukkan pedagang ke dalamnya,” pungkasnya. (Ags)

Baca Juga:  Persiapan PSIS Tinggal Satu Bulan

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of