Arab Saudi Lebaran 4 Juni, Indonesia 5 Juni

0

Oleh: Azhar A Pawennay

Semaranginside.com Jakarta – Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Agama, menetapkan 1 Syawal 1440 H jatuh pada 5 Juni 2019. Maka, 4 Juni adalah akhir Ramadhan dan esoknya Idul Fitri di Indonesia. Sementara, hari ini Arab Saudi merayakan Idul Fitri setelah Mahkamah Agung menetapkan 1 Syawal 1440 H jatuh pada 4 Juni 2019.

Ada perbedaan zona waktu antara Indonesia dengan Arab Saudi. Waktu Jakarta mendahului empat jam dibanding waktu di Riyadh ibukota Arab Saudi. Indonesia dan sejumlah negara zone waktu sekitarnya, antara lain Australia, Jepang, Taiwan, Filipina hingga Pakistan, menetapkan 1 Syawal pada 5 Juni. Sementara, Arab Saudi dan tetangganya di kawasan Teluk menetapkan 1 Syawal 4 Juni.

Kementerian Agama Indonesia menggelar sidang isbat pada Senin (3/6) petang. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjelaskan, berdasarkan laporan yang disampaikan 33 perukyat yang tersebar di 33 provinsi, tidak satu pun menyatakan telah melihat hilal hingga magrib. “Maka Ramadhan digenapkan jadi 30 hari. Dengan demikian 1 Syawal 1440 H jatuh pada Rabu 5 Juni 2019,” ucap Lukman.

Baca Juga:  Saat Orang Fasik Menyampaikan Berita

Penetapan 1 Syawal 1440 ini disampaikan Lukman didampingi Ketua MUI Yusnar Yusuf dan Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher Parasong di Auditorium KH M Rasyidi, Kantor Kemenag, Jalan Thamrin, Jakarta Pusat. Sidang isbat juga dihadiri perwakilan kedutaan negara-negara sahabat.

Sementara itu, Mahkamah Agung Arab Saudi meminta warganya bersama-sama melihat bulan pada Senin (3/6) malam atau pada hari ke-29 Ramadhan. Mahkamah Agung meminta siapa pun yang melihat bulan dengan mata telanjang atau melalui teropong untuk melapor ke pengadilan terdekat dan mendaftarkan kesaksiannya, atau melapor kepada otoritas di wilayah tempat ia melihat bulan sabit.

Baca Juga:  Vonis Bupati Jepara Marzuki, 3 Tahun Penjara dan Cabut Hak Politik

Sebagaimana dilaporkan Saudi Press Agency (SPA), hasilnya adalah bulan sabit Syawal sudah terlihat di sebagian wilayah Kerajaan Arab Saudi pada Senin malam. Dengan begitu, Idul Fitri 1440 H ditetapkan pada Selasa 4 Juni. Beberapa negara tetangga, antara lain Uni Emirat Arab dan Kuwait, juga menyepakati Idul Fitri pada 4 Juni.

Dengan ditetapkannya 1 Syawal oleh otoritas Arab Saudi, maka Raja Salman bersama Pangeran Muhammad bin Salman menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri ke sejumlah negara Islam.

Sementara itu, komite rukyatul hilal di Taiwan, Jepang dan Malaysia mengumumkan penetapan Idul Fitri pada 5 Juni. Islamic Center di Thailand juga mengumukan hari terakhir Ramadhan adalah 4 Juni. Pakistan dan Australia mengumumkan Idul Fitri besok 5 Juni. Di Filipina, Presiden Rodrigo Duterte bahkan menyatakan 5 Juni sebagai hari libur untuk merayakan Idul Fitri. (Lin/Ags/INI- Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of