Ayyamul Bidh, Puasa Tiga Hari Setiap Bulan

0
Ilustrasi puasa. Foto: About Islam

Oleh: Herry M Joesoef

Semaranginside.com, Jakarta – Bagi umat Islam, Setiap bulan, selain ada puasa Senin-Kamis dan puasa Daud (sehari puasa sehari berbuka), juga ada puasa Ayyamul Bidh yang dilakukan pada setiap pertengahan bulan Hijriah dalam kalender Qomariah. Puasa Ayyamul Bidh dilaksanakan tiga hari setiap pertengahan bulan Hijriyah, yaitu tanggal 13, 14, dan 15, minus hari tasryik pada 13 Dzulhijjah.

Hari-hari Ayyamul Bidh dikenal juga dengan puasa putih, karena pada tanggal 13,14, dan 15, warna bulan terang benderang menuju purnama sehingga tampak putih. Dinarasikan oleh Abu Dzar, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

Baca Juga:  Mau Masuk Surga? Jagalah Lisan

يَا أَبَا ذَرٍّ إِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ

“Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah).” (HR. Imam At-Tirmidzi dan An-Nasai)

Adapun pahala puasa tiga hari setiap bulan itu nilai pahalanya sama dengan puasa setahun. Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

صَوْمُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ صَوْمُ الدَّهْرِ كُلِّهِ

“Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun.” (HR. Imam Bukhari)

Baca Juga:  Mau Berkah dan Kaya? Awali Hari Sebelum Fajar

Jika kita melaksanakan puasa Ayyamul Bidh, maka kita telah melaksanakan dan menghidupkan sunnah Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Dan setiap kita menghidupkan sunnah Nabi tentu akan memberikan berbagai manfaat dan keberkahan. Untuk bulan ini, Shafar 1441 H, tanggal 13-14-15 bertepatan dengan Hari Sabtu-Ahad-Senin (12-13-14 Oktober 2019).

Bagi Anda, yang karena satu dan lain hal berhalangan melaksanakannya, tetap bisa mendapatkan pahala kebaikan. Yakni, dengan cara mengingatkan saudara dan para sahabat bahwa mulai besuk sampai tiga hari ke depan, ada Ayyamul Bidh!

(HMJ/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of