Bahan Alami Untuk Rambut Sehat Bersinar

0
Lidah Buaya.Foto: Istimewa

Oleh: Anisa Tri Kusuma |

Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal, karena dengan bahan-bahan alami ini, dijamin rambut anda akan lebih sehat tanpa obat-obatan kimia

Semaranginside.com, Jakarta — Rambut merupakan mahkota yang harus dijaga kesehatannya. Pasalnya, rambut yang lembut, indah, dan subur menjadi impian semua orang. Tidak jarang, salah perawatan dan penanganan, justru akan membuat rambut menjadi rontok, bahkan rusak.

Banyak faktor yang menyebabkan rambut rontok, di antaranya adalah terlalu sering terkena sinar matahari, polusi, efek styling rambut, stres, pola makan, dan lain hal sebagainya. Bahkan, banyak yang rela mengeluarkan ongkos mahal hanya demi mendapatkan rambut impian.

Namun, pernahkah kita berpikir bahwa air yang kita gunakan untuk mencuci rambut itu benar-benar aman?

Sebagian besar air keran mengandung banyak zat besi dan seng yang membuat rambut kasar dan tak bernyawa. Jadi, seberapa mahal pun produk yang kita gunakan, itu akan percuma jika air yang kita gunakan tidak baik untuk pertumbuhan rambut. Itulah sebabnya, ide terbaik untuk membilas rambut adalah menggunakan cairan yang sehat.

Nah, untuk mendapatkannya, kita bisa meramu sendiri dengan bahan-bahan yang mudah kita dapatkan. Apa saja?

1. Lidah Buaya dan Alpukat

Banyak bahan alami yang aman dan terbukti efektif untuk menjaga kesuburan dan keindahan rambut. Foto: KepoGaul

Merawat rambut dengan cara alami tentu menjadi sebuah pilihan baik agar terhindar dari efek samping jika menggunakan obat kimia. Lidah buaya dan alpukat sama-sama memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan. Jika dikombinasikan, maka keduanya dapat menjadi masker yang melembabkan dan mengeringkan rambut kering. Berikut cara mudah yang dapat Anda lakukan di rumah.

Siapkan lidah buaya serta potongan alpukat. Kemudian campurkan daging lidah buaya dengan alpukat yang sudah dihaluskan. Oleskan masker rambut tersebut secara merata ke seluruh bagian rambut. Siapkan handuk basah hangat dan tutup bagian rambut selama 30 menit. Terakhir, bilas rambut Anda dengan air dingin hingga bersih secara keseluruhan.

Baca Juga:  Usai Insiden Kapal Tabrak Crane, KSOP Tanjung Emas Semarang Pastikan Pelayanan Normal

2. Teh Hitam

Teh hitam. Foto: medicalnewstoday.com

Teh hitam dapat mengatasi rambut rontok dan membantu kulit kepala menumbuhkan lebih banyak rambut. Teh hitam mengandung banyak kafein yang menghalangi produksi hormon dihidrotestosteron atau penyebab kebotakan.

Membilas rambut dengan ramuan ini dapat mencegah rambut rontok. Cara membuatnya cukup mudah. Kita cukup membuat semangkuk penuh cairan teh hitam dengan menggunakan kantong teh atau daun teh yang dimasukkan ke dalam air mendidih. Setelah itu, bilas rambut dengan ramuan yang telah kalian buat.

3. Air Kelapa

Air kelapa.Foto: Tribunnews

Minuman super sehat ini mengandung vitamin, mineral, dan asam amino. Membilas rambut dengan air kelapa bisa memberi nutrisi pada rambut dari akar hingga ke ujung. Selain itu, air kelapa dapat menghidrasi rambut dan membuat rambut mudah diatur.

Caranya, cukup mencampur air kelapa, jus lidah buaya, dan minyak jojoba secara bersama. Lalu, tuangkan ramuan tersebut ke dalam botol semprot. Setelah itu, semprotkan dengan hati-hati pada kulit kepala. Biarkan beberapa selama 30 menit dan kemudian bilas kembali rambutmu.

4. Air Madu

Air madu.Foto: Tribunnews

Madu memang kaya akan manfaat. Bahan alami ini mampu mengembalikan kelembaban yang hilang dan menguncinya untuk waktu yang lebih lama. Jika anda rutin menggunakan ramuan ini, dijamin rambut yang kasar akan menjadi halus dan indah.

Untuk menggunakan ini, cukup campurkan madu dengan cuka sari apel dan air. Kombinasikan bahan ini dan buat larutan cair dan bilas rambutmu dengan ramuan ini.

Baca Juga:  Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, KH Maimoen Zubair Wafat di Makkah

5. Jus Daun Seledri

Jus Seledri.Foto: HalloSehat

Bukan hanya rasa segarnya yang menyehatkan badan, namun jus daun seledri juga bisa Anda jadikan sebagai salah satu cara untuk merawat rambut. Kandungan zinc, protein, dan vitamin A dalam jus ini dapat membantu menghitamkan, meluruskan dan menyuburkan rambut. Apakah kulit kepala Anda berketombe?

Jika iya, Anda bisa memanfaatkan jus daun seledri ini untuk kembali menyehatkan rambut dan kulit kepala, sehingga membuat Anda tampil lebih percaya diri. Cara membuatnya pun mudah, bersihkan 7-10 batang dan daun seledri, lalu blender.

Anda bisa menggunakan wadah berupa botol untuk menyimpan jus tersebut dalam kulkas semalaman. Gunakan di pagi hari dengan mengoleskannya secara merata pada rambut Anda. Kemudian bilas hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal lakukan dua kali dalam seminggu.

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun. Foto: Womond.com

Selain berkhasiat untuk kesehatan tubuh, menggunakan minyak zaitun juga bisa menjadi salah satu cara untuk merawat rambut. Beberapa masalah seperti rambut mengembang, rontok, kasar, berketombe, dan bercabang dapat diatasi dengan olesan minyak zaitun.

Bagi Anda yang memiliki rambut kering, Anda hanya perlu mengoleskan minyak zaitun ke seluruh bagian rambut, pijat secara lembut, lalu tutup kepala dengan handuk bersih selama 20 menit. Kemudian cuci rambut hingga bersih.

Sedangkan untuk Anda yang memiliki masalah rambut rontok, campurkan 2 sendok makan minyak zaitun dengan 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan secara merata pada kulit rambut dengan cara dipijat perlahan selama 15 menit.

Bungkus rambut dengan handuk bersih, lalu diamkan semalaman. Keesokan harinya Anda bisa membersihkan rambut dengan shampoo dan air bersih.

Selamat mencoba! (Kbb)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of