Bakso Jangkrik, Bakso Kombinasi Hasil Penelitian

0
Bakso olahan dengan salah satu bahan dasarnya jangkrik. Foto : unika.ac.id

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Semarang – Bakso jangkrik? Apa enaknya? Mungkin itu tanggapan pertama saat mendengar makanan tersebut. Namun ternyata bakso tersebut hasil penelitian ilmiah. Jadi setidaknya makanan olahan itu bukan hasil sembarangan.

Penelitinya adalah Pleun Burgmans, mahasiswa dari HAS University if Applied Science Belanda. Dia bersama rekannya Celine, tengah melaksanakan program internship di Fakultas Teknologi Pertanian Unika Soegijapranata.

Selama 3 bulan dari Mei hingga Juli 2019, Pleun dan Celine melakukan penelitian terkait pengembangan produk pangan.

Pleun meneliti mengenai pengembangan produk bakso yang dikombinasikan dengan bahan dasar jangkrik. Jangkrik memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga bisa dijadikan sebagai alternatif bahan untuk memenuhi kebutuhan protein bagi manusia.

Baca Juga:  Pola Asuh Anak yang Dikepung Internet : Kendalikan, Jangan Melarang

“Pemanfaatan protein dari jangkrik ini sudah menjadi topik yang sangat populer,” ungkap Pleun dikutip dari situs resmi Unika Soegijapranata.

Selama ini kebutuhan protein didapatkan dari konsumsi daging. Akan tetapi, laju pertumbuhan populasi manusia yang semakin besar menyebabkan jumlah daging sapi untuk dikonsumsi akan semakin terbatas jumlahnya dan menjadi sulit didapatkan. Itulah yang menjadi alasan dasar Pleun untuk meneliti pengembangan produk bakso dengan berfokus pada pemanfaatan protein jangkrik.

Ia juga mengungkapkan, saat ini sebenarnya sudah muncul beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai alternatif daging sapi. Beberapa di antaranya yakni daging hybrid dan daging berbahan dasar tanaman dengan tekstur dan flavor yang dibuat mirip daging sapi. Menurutnya, serangga juga menjadi salah satu alternatif bahan yang menarik untuk dikembangkan. Terlebih, penelitian tentang protein dari jangkrik pun masih belum banyak dilakukan.

Baca Juga:  Bangunan Kuno Bisa Memberi Citra Kota yang Baru

Nah, sudah jelas kan. Bakso jangkrik menjadi alternatif bakso daging karena kandungan proteinnya. Soal rasa, sepertinya juga tidak jauh berbeda. Bentuk baksonya pun tetap saja bulat. Semoga segera dijual di pasaran, ya..(nug)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of