Bambang Kribo Kandidat Kuat Ketua DPRD Jateng 2019-2024

0
Pimpinan DPD PDI Perjuangan Jateng, Bambang Wuryanto, Bambang Kusriyanto dan Agustina Wilujeng.

Oleh: Agus Susilo

Semaranginside.com, Semarang – Meski belum ada keputusan resmi dari KPU perihal caleg-caleg terpilih, namun sejumlah parpol telah mengalkulasi perolehan kursi pimpinan DPRD Jateng periode 2019-2024.

Berdasarkan perolehan kursi di DPD Jateng, ada lima parpol yang akan mengisi kursi pimpinan. PDIP dengan 42 kursi dipastikan akan mendapatkan jatah kursi Ketua DPRD. Empat kursi wakil ketua menjadi milik PKB, Gerindra, Golkar dan PKS.

Lalu siapa yang akan menjabat sebagai ketua DPRD Jateng dari PDIP? Yang pasti bukan ketua DPRD Jateng petahana, Rukma Setyabudi. Lantaran Rukma nyaleg di DPR RI.

Jabatan dan senioritas di partai akan menjadi pertimbangan menempatkan politisi di jabatan pimpinan dewan. Dari PDIP, ada nama-nama yang menguat diantaranya Bambang Kusriyanto (Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jateng), Alwin Basri (Ketua Komisi D DPRD Jateng), dan Asfirla Harisanto (Ketua Komisi C DPRD Jateng).

Baca Juga:  KPK Belum Tetapkan Tersangka Kasus Divestasi Saham Newmont

Menurut Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto, sesuai fatsun (aturan tak tertulis) di internal partai yang ia pimpin maka jabatan Ketua DPD menjadi prioritas untuk menduduki kursi Ketua DPRD Jateng. Namun, lantaran Ketua DPD PDIP Jateng yakni ia sendiri nyaleg di DPR RI maka tidak memungkinkan. Maka prioritas selanjutnya adalah Sekretaris dan Bendahara.

Sekretaris dijabat oleh Bambang Kusriyanto atau yang akrab dipanggil Bambang kribo dan Bendahara Agustina Wilujeng. Bambang Kusriyanto nyaleg di DPRD Jateng dan diprediksi terpilih. Sementara Agustina nyaleg di DPR RI.

Baca Juga:  Aneka Getuk Jawa yang Wajib Anda Coba

“Fatsunnya ya ketua, sekretaris atau bendahara. Kalau melihat kondisinya, ya Pak Bambang Kribo,” kata bambang Wuryanto, Kamis (13/6).

Meski demikian, sesuai mekanismenya maka keputsan final ada di DPP PDIP. Artinya, harus menunggu instruksi dari pusat.

“Tapi terserah DPP. Kalau atas pertimbangan tertentu lalu memilih yang lain, bisa saja,” ungkapnya.

Saat ini Bambang Kribo menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Semarang periode 2014-2019. (Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of