Begini Penjelasan Demokrat soal Kericuhan di Debat Pilpres

0
Kericuhan saat jeda Debat Pilpres 2019. Foto: Istimewa

Oleh: Rudi Hasan |

Pendukung dari dua kubu capres sempat terlibat cekcok atau adu mulut di arena debat kandidat Pilpres 2019 tahap kedua, Ahad (17/2) malam.

semaranginside.com, Jakarta — Ketua DPP Partai Demokrat, Jansean Sitindaon, menjelaskan ihwal kericuhan yang sempat terjadi di dalam lokasi debat kandidat Pilpres 2019 tahap kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Ahad (17/2) malam. Dia mengonfirmasi bahwa insiden yang terekam dalam video berdurasi satu menit dan menjadi viral itu memang benar adanya.

“Kami protes keras di tempat (acara debat) ke KPU dan Bawaslu. Sebab, capres Jokowi menyerang pada (personal) Prabowo, sedangkan tata tertibnya itu kan tidak boleh,” ujar Jansean ketika dikonfirmasi wartawan, Senin (18/2) malam.

Dia menuturkan, keributan antarpendukung kedua kubu capres terjadi saat jeda iklan di televisi. Kericuhan tersebut sampai membuat Menko Maritim Luhut Panjaitan beranjak dari tempat duduknya. Namun, Jansen mengaku tak tahu apa yang menyebabkan Luhut marah ketika itu.

Baca Juga:  Demokrat: Saya Akan Berdiri Bersamamu Jenderal

“Karena ketika kami protes ke KPU itu, dari TKN sebenarnya di sana sudah ada Aria Bima, Rizal Mallarangeng, Bahlil, dan lain-lain,” kata Jansen.

Menurut dia, pemicu keributan tersebut harus diusut, supaya dalam debat capres berikutnya kejadian serupa tak terulang lagi.

Sementara, Komisioner KPU Wahyu Setiawan menampik telah terjadi keributan saat debat kandidat tadi malam. “Yang terjadi baik-baik saja. Terus debat dilanjutkan, ” ujar Wahyu.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Andi Arief melalui akun Twitternya, @​AndiArief__, pada pukul 16.20 WIB tadi mengunggah video kericuhan yang terjadi arena debat capres, Ahad (17/2) malam. “Partai Demokrat tadi malam protes keras KPU yang membiarkan terjadinya serangan yang melanggar aturan,” kicau Andi Arief.

Baca Juga:  Ustadz Abdul Shomad Difitnah, Demokrat Nyatakan Siap Melawan

Video tersebut menampilkan Ketua KPU Arief Budiman dan dua Komisioner KPU, yakni Wahyu Setiawan dan Hasyim Asy’ari, sedang melerai adu mulut antara Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan dan pihak BPN Prabowo-Sandiaga Uno.

Terlihat juga adu mulut antara Direktur Program TKN Jokowi-Ma’ruf, Aria Bima, dan salah seorang pendukung Prabowo-Sandi dalam video tersebut. Ketua Bawaslu Abhan pun tampak turut berusaha meredam keributan tadi malam.

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar, saat dikonfirmasi, mengaku tak melihat adegan tersebut. Menurut dia, ada sejumlah orang di lokasi yang saling mendekat dan menenangkan suasana saja.

“Yang saya tahu, semua orang saling bicara di situ. Semua orang berada di ruang itu ya sambil mengobrol saja. Soal video, kami tidak bisa menanggapi jika hanya sepotong-sepotong,” kata Fritz. (AIJ)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of