Bisnis Properti Lesu, REI Jateng Harap Dampak Positif Pelantikan Presiden

0
Pameran properti oleh DPD Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah. Foto: Ade Lukmono/Semaranginside.com

Oleh: Ade Lukmono

Semaranginside.com, Semarang – DPD Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah mencatatkan hasil kurang maksimal pada pameran pada 10-21 Oktober 2019. Dalam pameran tersebut, tercatat hanya terjadi transaksi senilai Rp 13 miliar. Nilai tersebut jauh di bawah target, yakni Rp 60 miliar.

Adapun rumah yang terjual masih di dominasi rumah tipe menengah dan menengah atas dengan kisaran harga di bawah Rp 1 miliar.

Ketua Panitia Property Expo Semarang, Dibya K Hidayat mengatakan, hasil penjualan properti di Jawa Tengah saat ini kurang menggembirakan. Setelah pelantikan Presiden dan susana kembali normal, dia berharap kondisi ekonomi menjadi lebih baik sehingga calon pembeli potensial tidak lagi ragu menanamkan investasinya di bidang properti.

Baca Juga:  Hadiri Prosesi Pelantikan Presiden, Prabowo Tebar Senyum

Selain itu, belum membaiknya pasar properti dipengaruhi berbagai faktor, baik dari kondisi ekonomi di dalam negeri maupun secara global. Dikatakan, kelesuan yang terjadi tidak hanya di bidang properti namun hampir di semua segmen usaha maupun industri mengalami hal yang sama.

“Kondisi ekonomi dunia dan nasional belum terlalu bagus. Dunia industri, dunia usaha mereka bilang kalau perekonomian saat ini kurang bagus, mengalami stagnasi di usaha masing-masing,” ujarnya, Selasa (22/10).

Seharusnya, lanjut Dibya, perkonomian akan maju saat pemerintahan membangun infrastruktur besar-besaran. Namun saat ini pihaknya belum merasakan dampaknya secara signifikan.

Baca Juga:  MPR Pastikan Megawati, SBY, hingga Prabowo Hadir

REI Jateng akan terus mengamati apakah kelesuan di bidang properti ini karena daya beli yang rendah atau daya serapnya yang berubah.

“Kalau daya beli melemah berarti tidak kuat membeli. Namun jika daya serap rendah, berarti mereka lebih memilih membeli kebutuhan lain,” tandasnya.

(Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of