Bisnis Properti Tinggi, Investasi Semester I Capai Rp 15,94 Triliun

0
Ilustrasi. Foto: Antara

Oleh: Ade Lukmono

Semaranginside.com, Semarang – Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Semarang mencatatkan penanaman modal pada semester I/2019 mencapai Rp 15,94 triliun dengan rincian Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Rp 14,36 triliun dan Penanaman Modal Asing (PMA) Rp 1,58 triliun.

Realisasi tersebut tumbuh 14,96 persen year on year (yoy) dibandingkan penanaman modal pada semester I/2018 sebesar Rp 13,86 triliun. Faktor yang mendorong investasi di Semarang adalah keamanan dan kenyamanan bagi pelaku usaha dalam menanamkan modal serta kemudahan perizinan. Kemudahan perizinan tersebut saat ini didukung dengan penerapan Online Single Submission (OSS).

Baca Juga:  Seorang Meninggal Setelah Truk Tabrak Puskesmas Mojosongo

Kepala DPMPTSP Kota Semarang, Ulfi Imran Basuki, mengungkapkan sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), target investasi pada 2019 sebesar Rp 18,5 triliun. Pemkot berupaya maksimal untuk melampaui target itu.

“Realisasi investasi Rp 15,94 triliun pada semester I/2019 berasal dari 936 perusahaan dan menjaring 23.162 orang tenaga kerja WNI. Perinciannya, perusahaan PMA ada 25 unit dengan tenaga kerja 575 orang, dan perusahaan PMDN 911 unit dengan tenaga kerja 22.587 orang.

Baca Juga:  Rapor Merah Semarang Soal Kota Ramah Lansia

Sektor utama yang mendorong investasi pada Januari hingga Juni 2019 ialah konstruksi, perumahan, kawasan industri, dan perkantoran.

Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, faktor yang mendorong investasi di Kota Semarang adalah keamanan dan kenyamanan bagi pelaku usaha dalam menanamkan modal dan kemudahan izin. (Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of