Cara Aman Belanja Pakai Jasa Titipan

0
Jastip adalah salah satu cara praktis untuk berbelanja tanpa harus banyak mengeuarkan biaya lebih. Foto: insideretail.hk

Oleh: Anisa Tri Kusuma |

Ingin belanja tetapi lokasi terlalu jauh? Anda bisa menggunakan jasa personal shopper atau jastip

Semaranginside.com, Jakarta — Ada yang masih asing dengan istilah personal shopper? Atau lebih dikenal luas dengan nama jasa titip (jastip) belanja yaitu orang yang dipercayakan untuk membeli produk dan ada tambahan biaya atas layanannya. Bagi sebagian orang jastip sudah sangat akrab di telinga para penikmat hobi belanja. Produk yang dititip pun tidak hanya di tingkat lokal saja, tak jarang jastip ini menerima permintaan produk dari luar negeri.

Jadi Anda tak perlu lelah menuju lokasi belanja, dan cukup memantau saja dari gambar yang di-posting atau siaran langsung proses belanja. Bagi Anda yang tak punya waktu belanja atau lokasi terlalu jauh, menggunakan jastip adalah cara paling efektif untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan.

Baca Juga:  Konflik Golkar, Kubu Airlangga Klaim Terbuka untuk Semua Anggota

Supaya barang yang anda benar-benar dibelikan dan penyedia jastip bukan penipuan, simak tips berikut ini

Menentukan Jenis Barang
Tidak semua jastip mampu mengakomodir semua keinginan para pembelinya. Untuk itu, Anda harus menentukan jenis produk yang akan dibeli. Buatlah daftar belanjaan mengenai produk tersebut dan kirim contoh gambar untuk memudahkan penyedia jastip membelikannya. Beberapa ragam jastip saat ini meliputi buku, perabot rumah, baju anak, tas, sepatu dll. Terkadang jastip juga melayani saat ada event pameran atau produk yang sedang sale.
Ikuti Aturan
Setiap jastip punya aturan mainnya sendiri untuk mengelola sistem belanja yang akan dijalankan. Tujuannya demi memudahkan para pembeli. Tarif yang ditentukan pun juga bervariasi, dihitung berdasarkan harga produk per item dengan margin sewajarnya untuk menutup biaya operasional. Pelajari dahulu aturan yang telah ditetapkan dan Anda bisa berkomunikasi dengan penyedia jastip untuk menyepakati fee dan perkiraan ongkos kirim. Anda biasanya akan diminta deposit terlebih dahulu untuk memperlancar proses transaksi belanja.

Baca Juga:  Muhammadiyah Tetapkan Lebaran Jatuh Pada 5 Juni 2019

Jastip Amanah
Bagaimana agar kita percaya pada penyedia jastip? Pada dasarnya, calon pembeli tidak harus mengenal orang yang Anda percayakan untuk menjadi jastip. Anda bisa menemukannya di dunia maya seperti facebook, instagram, aplikasi WhatsApp atau informasi dari teman yang sudah pernah menggunakan jasa ini.

Lalu bagaimana memilahnya? Teliti tingkat kepercayaannya dengan membaca testimoni atau histori posting-an. Jastip yang amanah adalah jujur pada pembeli baik terhadap kondisi barang yang akan dibelinya ataupun hal lainnya. Apabila merasa cocok dan tidak merugikan, silakan putuskan untuk bertransaksi.

Selamat berbelanja dengan jasa titip. Happy shopping! (Kbb)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of