Curi Kayu Peninggalan Belanda, 3 Ditangkap dan 1 DPO

0
Ilustrasi. Foto: Antara

Oleh: Ade Lukmono

Semaranginside.com, Semarang – Polsek Gajahmungkur meringkus tiga pelaku pencuri kayu di rumah tua peninggalan Belanda di Jalan S Parman, Gajahmungkur, Kota Semarang. Para tersangka melakukan pencurian secara berkala sejak 14 Juli 2019 hingga 28 Juli 2019.

Kapolsek Gajahmungkur Kompol Rochana Sulistyoningrum mengatakan, pelaku yang ditangkap berjumlah tiga orang berinisial SR, BWU, dan MA semuanya warga Semarang. Sementara satu pelaku lain masih ditetapkan dalam daftar pencarian orang (DPO).

Rochana menjelaskan, aksi pencurian dilakukan pada siang hari dengan melompat pagar seng dan naik ke langit-langit atap rumah menggunakan tangga kemudian menggergaji kayu penyangga plafon rumah. Setelah itu, para pelaku mengangkut kayu hasil curian mengunakan mobil pick up dan kendaraan roda tiga.

Baca Juga:  Polisi Sebut Ada 18 Perusahaan Bakar Hutan dan Lahan

“Ketika mendapat laporan kehilangan kayu, kami lakukan olah TKP. Aktivitas pelaku pencurian juga sempat diamati warga sekitar. Bahkan kendaraan yang digunakan pelaku mencuri sempat difoto oleh saksi,” terangnya, Selasa (17/9).

SR dan BWU merupakan residivis dengan kasus yang sama. Sedangkan ketika ditangkap, beberapa kayu hasil curian telah dijual para tersangka.

Dari para pelaku, polisi mengamankan beberapa potongan kayu, gergaji, kunci inggris, kunci pipa, dan besi pengait kayu. Sedangkan untuk penadah kayu tersebut masih dalam pencarian.

Baca Juga:  Polisi Tembak Polisi, Satu Tewas

Kanit Reskrim Polsek Gajahmungkur Iptu Yuli Satrio W berpesan kepada masyarakat untuk peduli terhadap keamanan dan ketertiban lingkungan. Rumah peninggalan Belanda merupakan bukti sejarah bagi masyarakat yang harus dilestarikan. Masyarakat juga diharapkan ikut mengawasi dan melindungi satu sama lain dari orang yang tidak bertanggung jawab.

(Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of