Dewan Rakyat Papua Dinilai Jadi Solusi Tepat

0

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Semarang – Persoalan Papua menjadi perhatian banyak pihak. Konflik yang terjadi di beberapa daerah termasuk Kota Semarang sangat disayangkan. Kordinator Bidang Politik Partai Rakyat Demokratik (PRD) Jawa Tengah Sunu Pajar menegaskan, pemerintah harus segera menemukan solusi untuk menanganinya.

Solusi tersebut tentu bukan hanya soal konflik yang timbul di daerah-daerah tersebut, tapi juga dari pangkalnya yakni sikap pemerintah pusat pada Papua. Dari PRD, ia mengungkapkan usulan pembentukan Dewan Rakyat Papua. Dewan tersebut menurutnya lebih tepat diterapkan di Papua, mengganti model kelembagaan politik yang lama.

Baca Juga:  Masih Terjadi Baku Tembak, Pasukan TNI/Polri Tak Akan Ditarik dari Papua

“Memang sudah ada Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) dan Majelis Rakyat Papua (MRP), tapi mereka tidak menyentuh basis sosial masyarakat Papua, yaitu suku-suku dan marga-marga. MRP juga tidak memiliki kewenangan sebagaimana legislatif murni. Jadi semisal warga mengadukan nasibnya ke MRP, lembaga ini tak bisa berbuat banyak.” Ungkap Sunu, Rabu (22/8).

Karena itu, menurutnya Dewan Rakyat Papua lebih tepat. Usulan itu sendiri menurutnya berdasar Musyawarah Besar (Mubes) yang diikuti ratusan mahasiswa Papua di Yogyakarta pada 5-7 Agustus lalu.

Dewan Rakyat Papua yang dimaksud adalah sebuah badan perwakilan yang punya fungsi legislasi, penganggaran, pengawasan, dan menyuarakan aspirasi masyarakat. Dewan tersebut bakal terdiri dari perwakilan partai politik, suku/marga, perempuan, dan agama. Pengakuan dan pengakomodasian suku/marga inilah yang menjadi sorotan.

Baca Juga:  Kronologi Trending ''Bubarkan Banser''

“Dewan Rakyat Papua akan menjadi wadah bagi suku-suku yang ada agar mereka dapat menyampaikan suara dan juga ikut serta dalam menyusun kebijakan yang sesuai suara akar rumput,” tambahnya.

Sunu juga mengungkapkan, PRD sangat berharap Dewan Rakyat Papua dapat membuat masyarakat asli Papua berdaulat secara politik, sehingga bisa yang membawa Papua pada kehidupan yang lebih baik.(nug)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of