“Di Ujung Tombak” Ungkap Kegelisahan Masyarakat

0
Pementasan Teater Gema. Foto : Teater Gema

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Semarang – Beberapa waktu lalu, Teater Gema UPGRIS meluncurkan buku kumpulan naskah bertajuk Kitab Lakon #2. Salah satu cerita yang ada di buku itu berjudul Di Ujung Tombak karya Tegsa Teguh S. Naskah itu kemudian dipentaskan oleh teater tersebut di kampus mereka.

Sutradara Ucup Gema mengatakan, “Saya memutuskan mengambil naskah ini karena saya melihat isu yang klasik yang sampai sekarang belum mendapatkan solusi.”

Isu klasik yang dimaksudnya yakni tentang relokasi yang sering terjadi di tengah pembangunan kota yang marak. Sementara di sisi lain, belum sama sekali ada solusi konkrit dari pemerintah untuk warga yang tergusur.

Baca Juga:  Seniman Peringati Hari Teater Sedunia

“Naskah ini juga menarik karena dibahas juga kepentingan-kepentingan setiap pemangku kebijakan di daerah kita dan kepercayaan masyarakat terhadap hal-hal klenik yang ada di daerah,” tambahnya.

Pementasan yang digelar Minggu (30/9) malam tersebut mampu menarik perhatian banyak penonton. Mahasiswa UPGRIS, pegiat teater kampus, teaterawan, seniman Semarang, dan bahkan beberapa pegiat seni dari luar kota ikut menyaksikan. Kebetulan selain pementasaan, ikut tampil pula kelompok Gemakustik dan Gemka yang ikut menghibur.

Ketua Teater Gema Adit menambahkan, dia berharap pementasaan it menjadi pembelajaran Teater Gema agar selalu peduli dengan isu-isu yang sedang dibincangkan khusunya isu-isu mengenai kesenian dan tradisi sehingga mencetak anggota yang berproses dengan kreatif dan kritis.

Baca Juga:  Malam Ini, Teater SS Unnes Pentaskan Dua Naskah

“Pementasaan ini juga sebagai media agar setiap pemikiraan kami dapat tersalurkan dalam bentuk pementasaaan,” tambahnya.

Sementara salah seorang penonton, Pandu, mengungkapkan sangat senang dengan pertunjukan tersebut.

“Pementasan Teater Gema sangat menarik bagi saya sebagai salah satu referensi pemanggungan,” katanya.(nug)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of