Dinkes Jateng Ajak Nginceng Wong Meteng

0
Ilustrasi. USG kehamilan. Foto: Antara

Oleh: Agus Susilo

Semaranginside.com, Semarang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemprov Jateng mengajak masyarakat nginceng wong meteng (ngintip orang hamil). Bukan dalam arti negatif, melainkan warga diajak memberikan perhatian bagi orang hamil di sekeliling mereka.

Sejak hamil, warga atau tetangga harus memastikan yang bersangkutan memperoleh asupan gizi yang sesuai. Ibu hamil juga harus memperoleh layanan kesehatan yang mudah.

Kepala Dinkes Pemprov Jateng, Yulianto Prabowo mengatakan Program Nginceng Wong Meteng itu sudah berjalan dalam beberapa tahun terakhir. Tujuannya, menekan angka kematian ibu dan bayi serta menekan angka stunting di Jawa Tengah.

Baca Juga:  Siti Zuhro: KPU Harus Hati-hati dalam Pemilu 2019

“Target Jateng menurunkan angka stunting di bawah 20%. Tapi saat ini angkanya masih sekitar 30%. Sebaranya di 14 kabupaten, tapi bukan berarti di luar 14 kabupaten itu sama sekali tak ada. Masih ada,” kata Yulianto usai Upacara Hari Kesehatan Nasional ke-55 di halaman Kantor Gubernur, Selasa (12/11).

Menurutnya, jika warga menemukan orag hamil tapi belum memperoleh pelayanan kesehatan yang semestinya maka diminta menyampaikan ke petugas dinas atau penyuluh kesehatan setempat. selanjutnya, pertugas Puskesmas akan turun dan menindaklanjutinya.

Baca Juga:  Rizal Ramli: Paparan Jokowi Makin Jauh dari Kedaulatan Pangan

Secara keseluruhan, ada delapan pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Jateng di lima tahun kedepan. Yakni angka kematian ibu melahirkan, angka kematian bayi, stunting, menurunkan penyakit TBC, HIV/AIDS, malaria. Menurunkan penyakit tak menular seperti kanker atau gangguan kejiwaan serta menyuseskan jaminan kesehatan nasional.

(Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of