Dipecat Gerindra setelah Dapatkan Kursi DPR RI, Sigit Ibnugroho Layangkan 3 Gugatan

0
Mantan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sekaligus Caleg terpilih dari Dapil I Jawa Tengah pada Pemilu 2019, Sigit Ibnugroho Sarasprono. Foto:Ant

Oleh: Ade Lukmono

Semaranginside.com, Semarang – Kuasa Hukum Sigit Ibnugroho Sarasprono, Aris Septiono mengatakan, kasus penggantian Calon Anggota DPR terpilih dari Partai Gerindra, salah satunya terhadap Sigit Ibnugroho Sarasprono dari Dapil Jateng 1, sudah dilakukan upaya hukum gugatan ke Pengadilan.

Dia menjelaskan, ada tiga gugatan yang dia lakukan, yaitu Gugatan Perlawanan atas Putusan PN Jaksel No: 520/Pdt.Sus.Parpol/2019/PN.JKT.SEL sudah didaftarkan ke PN Jaksel register No. 742/Pdt.Bth/2019/PN.JKT.SEL tgl 5 September 2019. Pada 3 Oktober nanti, sidang perdana akan dilaksanakan.

Kedua, Gugatan Sengketa Parpol atas keputusan DPP Partai Gerindra yg telah melakukan pemecatan sepihak tanpa ada klarifikasi dan proses hukum sebelumnya, juga sudah diajukan gugatan ke PN Jaksel register perkara no: 800/Pdt.Sus.Parpol/2019/PN.Jkt.Sel pada 23 September 2019.

Baca Juga:  Jelang Kampanye Super Akbar 02, KH Bachtiar Nasir Serukan Umat Putihkan Solo

Ketiga, Gugatan ke PTUN Jakarta atas Keputusan KPU yg mengganti Calon Terpilih juga telah didaftarkan dg register no: 188/G/2019/PTUN-JKT pada 23 September 2019.

“Kami juga sudah mengirim surat ke KPU dan Presiden mohon agar SK KPU dan KepPres ditunda sampai ada Putusan Pengadilan. Permohonan ini sebagai bentuk penghormatan terhadap proses hukum yg sedang berjalan,” kata dia, Minggu (29/9).

Dia berharap, putusan pengadilan tidak seperti pepesan kosong yang tidak bisa dilaksanakan karena anggota dewan penggantti sudah dilantik. Maka dari itu, pihaknya masih menunggu dan berharap adanya keadilan dari KPU dan Presiden terhadap masalah ini.

“Klien kami tidak pernah melanggar AD ART, tidak pernah dipanggil bahkan sampai sekarang belum menerima surat pemecatan dr DPP. Tapi tiba-tiba langsung dikirim ke KPU dan lgsg mengamputasi klien kami yg seharusnya dilantik kemudian diganti di last minute pengambilan sumpah janji,” tambahnya.

Baca Juga:  OTT, KPK Tangkap Jaksa dan 2 Pengacara

Sigit dirugikan tidak hanya secara materi, tapi juga amanah dari masyarakat yang memilihnya sebagai anggota DPR yang tidak bisa dinilai dengan apapun.

“Pimpinan Parpol jangan bertindak sewenang-wenang menggunakan pemecatan untukk “membunuh” Caleg yang menang, yang sudahh bersusah payah dan berkorban mencari dukungan masyarakat,” tutupnya.

Sebelumnya, Sigit Ibnugroho merupakan Ketua DPC Gerindra Kota Semarang sekaligus calon anggota DPR RI terpilih dari Gerindra Dapil 1 Jateng. Namun kemudian dia secara tiba-tiba dipecat dari partai dan kemudian posisinya digantikan Waketum DPP Gerindra, Sugiyono yang juga dari Dapil 1 Jateng.

(Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of