Ditangkap KPK, Gubernur Kepri Nurdin Basirun Diduga Mainkan Izin Reklamasi

0
Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun. (Foto: ANTARA)

Oleh: Rudi Hasan

Semaranginside.com, Jakarta — Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Febri Diansyah, membenarkan pihaknya menangkap tangan Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun. Walaupun tidak menyebut nama, Febri menjelaskan secara implisit bahwa kepala daerah yang ditangkap tim KPK semalam adalah Nurdin.

“Kepala daerah di tingkat provinsi (gubernur) ya, karena (perkara) ini diduga terkait dengan kewenangan di tingkat provinsi,” kata Febri di Jakarta, Rabu (10/7) malam.

Menurut dugaan sementara, penangkapan Nurdin berkaitan dengan wewenang penerbitan izin lokasi proyek reklamasi di Kepri. “Tapi kan kami belum bisa bicara banyak ya malam ini. Yang pasti, kami benarkan dulu ada kegiatan tim di lapangan dan tim sudah melakukan klarifikasi dan pemeriksaannya masih berjalan sampai dengan malam ini,” ujar Febri.

Baca Juga:  Aneka Getuk Jawa yang Wajib Anda Coba

Dia mengatakan, pendalaman kasus masih dilakukan oleh tim KPK yang ada di lapangan. Sejauh ini belum ada keterkaitan antara kasus di Kepri dengan instansi pusat. “Kami perlu mendalami informasi itu pada orang-orang yang diamankan malam ini,” ucapnya.

KPK mengamankan enam enam orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) tadi malam. Keenam orang itu lantas digiring ke kantor polres setempat. Selain gubernur Kepri, KPK juga menangkap kepala dinas, kepala bidang, PNS, dan pihak swasta.

Baca Juga:  Perempuan Tuntut Perlindungan Kerja Sampai Kebebasan Ekspresi

Petugas antirasuah juga menyita sejumlah barang bukti. Salah satunya yakni uang yang dipakai untuk transaksi berjumlah 6.000 dolar Singapura. (AIJ/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of