Facebook Ciptakan Asisten Digital Berbasis AI

0
Facebook kembangkan proyek asisten digital. Foto: Medium

Oleh: Anisa Tri Kusuma |

Akankah program asisten digital berbasis AI ini bisa menjaga keamanan data para penggunanya?

Semaranginside.com, Jakarta Facebook dikabarkan sedang mengembangkan asisten digital berbasis teknologi kecerdasan buatan (artificial inteliigence/AI). Layanan ini diprediksi akan menjadi pesaing asisten virtual milik Apple (Siri), Amazon (Alexa), dan Google (Google Assistant).

Facebook mengungkapkan jika pengembangan asisten digitalnya ini bakal berfungsi di beberapa produk augmented reality dan vi_rtual reality_ milik perusahaan. Proyek asisten digital bersuara ini telah dikerjakan sejak 2018. Namun sayang, mereka masih belum mengungkap kapan AI-nya diluncurkan.

Baca Juga:  Bug di Facebook Messenger Bisa Intip Chat Pribadi

“Kami sedang mengembangkan teknologi asisten virtual suara dan AI yang bakal beroperasi di produk AR/VR keluarga kami, termasuk Portal, Oculus dan produk-produk yang akan hadir,” ujar juru bicara Facebook, seperti dikutip Reuters.

Menurut laporan CNBC, pengembangan teknologi ini melibatkan para vendor yang bekerja di bidang pemasok teknologi speaker pintar. Ini juga bukan pertama kalinya Facebook berupaya mengembangkan teknologi kecerdasan buatan untuk asisten virtual.

Sebelumnya, Facebook pernah menciptakan asisten virtual M yang dioperasikan di aplikasi pesan instan Messenger. Fitur ini mirip dengan Google Assistant, hanya saja kehadirannya tidak secemerlang asisten buatan Google itu.

Baca Juga:  Ini Syarat Jadi Bos Facebook

Pengguna tentu berharap, implementasi teknologi baru di produk Facebook ini tidak akan mengancam keamanan pribadinya, mengingat perusahaan media sosial ini sering kali berurusan dengan kebocoran data privasi pengguna.

Soal kebocoran data yang berhubungan dengan asisten digital, Amazon pernah mengalaminya dengan Alexa. Semua perintah pengguna via asisten suara tersebut, bisa terdengar oleh ribuan karyawan Amazon. Perusahaan berkilah bahwa itu untuk analisis mereka demi meningkatkan kecanggihan apa yang dibutuhkan pengguna.

Mari kita tunggu pengembangan proyek digital asisten milik Mark Zuckerberg ini. (*/Dry)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of