Filipina Umumkan Idul Fitri Sebagai Hari Libur Nasional

0
Shalat Idul Fitri di Kota Pikit Cotabato Utara (Rappler)

oleh: Nurcholis |

Semaranginside.com, Jakarta–Presiden Rodrigo Duterte hari ini, Rabu, menyatakan 5 Juni sebagai hari libur untuk merayakan Idul Fitri, hari libur Islam penting yang menandai akhir Ramadhan, atau bulan suci puasa.

Istana menyatakan Idul Fitri dirayakan oleh warga Muslim dunia selama tiga hari setelah puasa Ramadhan.

“Seluruh warga Filipina harus memiliki kesempatan penuh untuk bersama dengan saudara dan saudari Muslim mereka dalam kedamaian dan keharmonisan pada perayaan Idul Fitri,” bunyi pernyataan itu dikutip Anadolu Agency.

Sekretaris Eksekutif Salvador Medialdea menandatangani keputusan ini hari Rabu, (29/5), menegaskan tanggal yang tepat minggu depan perayaan Idul Fitri sebagai hari libur nasional.

Baca Juga:  Regenerasi Petani Dinilai Jadi Tantangan Pangan Masa Depan

Liburan ini dibuat resmi melalui Keputusan No. 729, yang ditandatangani Medialdea dinyatakan sebagai hari libur atas rekomendasi Komisi Nasional Muslim Filipina, lapor The Philippine Daily Inquirer.

Menurut keputusan, hari libur ini sebagai hari libur untuk memberikan semua orang Filipina “kesempatan penuh untuk bergabung dengan saudara-saudari Muslim mereka dalam kedamaian dan keharmonisan dalam ketaatan dan perayaan Idul Fitri.”

Dua perayaan Islam Idul Fitri dan Idul Adha sebelumnya telah dinyatakan sebagai hari libur ketika Duterte menandatangani Keputusan No. 555 yang mendaftarkan liburan nasional untuk 2019 pada bulan Agustus tahun lalu.

Baca Juga:  Pengajuan Dispensasi Tinggi, Jateng Antisipasi Pernikahan Dini

Presiden saat ini berada di Jepang untuk menghadiri Konferensi Internasional Nikkei tentang Masa Depan Asia, kutip Rappler.com. (cak/Ags/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of