Film Horor “Us” Pecahkan Rekor Box Office

0
Film Us mendapat pendapatan tertinggi pada pekan pertama penayangannya, yakni sebesar USD 70,25 juta atau nyaris Rp1 triliun Foto: JoBlo.com

Oleh: Anisa Tri Kusuma |

Film US mendapat nilai yang cukup baik dari Rotten Tomatoes, yakni situs pengkritik yang dikenal pedas, saat mengkritik sebuah film

Semaranginside.com, Jakarta — Film horor terbaru dari sutradara-penulis peraih Piala Oscar, Jordan Peele, yang berjudul ‘Us’ berhasil meraup pendapatan global sebesar USD87,12 juta sejak dirilis di bioskop puluhan negara akhir pekan lalu. Pendapatan sebesar USD 70,25 juta atau nyaris Rp1 triliun berasal dari bioskop domestik AS-Kanada saja, membuat film ini memecahkan sejumlah rekor baru di box office.

Total pendapatan global Us selama akhir pekan pertama hampir menyamai Captain Marvel, yang pada akhir pekan ketiganya masih tertinggi dengan capaian USD87 juta.

Menurut data Box Office Mojo, Us memecahkan rekor sepanjang masa Amerika sebagai film dengan pendapatan tertinggi pada akhir pekan pertama, khusus kategori film dewasa (kategori R, Rated) berdasarkan naskah asli. Sebelumnya, rekor ini dipegang film Universal lain, yaitu Ted (2012) dengan capaian USD54,4 juta.

Baca Juga:  Film tentang Akpol "Pohon Terkenal" Raih Banyak Penonton
Film Us mendapat peringkat tertinggi di situs Rotten Tomatoes. Foto: istimewa

Itu adalah capaian besar karena kebanyakan film-film laris AS tidak berangkat dari naskah cerita asli atau pertama. Selain Us dan Ted, sebanyak 18 judul film dewasa (R) terlaris pada akhir pekan pertama adalah adaptasi, sekuel, reboot, remake, atau spin-off. Misalnya Deadpool dan Deadpool 2, It, dan The Matrix Reloaded.

Dalam kategori film dewasa (R) genre horor, baik naskah asli maupun bukan, yang mencapai pendapatan tertinggi pada akhir pekan pertama, Us berada di posisi ketiga. Posisi pertama ditempati oleh It (2017) dengan USD123 juta dan disusul oleh Halloween (2018) dengan USD76 juta.

Dalam kategori yang lebih umum, yaitu semua film Amerika dengan pendapatan tertinggi pada akhir pekan pertama, Us menempati posisi 115. Kendati begitu, film-film yang lebih laris adalah animasi atau tidak berdasarkan naskah asli. Sebagai film live-action dengan yang berangkat dari naskah pertama atau asli, Us adalah yang terlaris pada akhir pekan pertama setelah Avatar (2009) yang mencapai USD77 juta.

Baca Juga:  Adidas Rilis Sneakers Seri Captain Marvel

Sementara itu, Captain Marvel menembus pendapatan global USD910,2 juta atau sekitar Rp12,93 triliun (kurs Rp14.213). Dibanding 20 film seri Marvel Cinematic Universe sebelumnya, Captain Marvel menempati posisi ketujuh terlaris di dunia.

Bila dalam film ‘Get Out’ Peele secara tersirat membawa isu rasialisme, kini dalam film terbaru yang diberi judul Us, ia lebih menyoroti kehidupan sebuah keluarga. Namun tetap, seluruh pemain utamanya berkulit hitam, yang seakan menjadi ciri khas tersendiri bagi Jordan Peele. (Kbb)

Trailer film US:

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of