Gadget Canggih ‘James Bond’ yang Hadir di Dunia Nyata

0
Beberapa peralatan canggih James Bond yang dulu hanya angan-angan, sekarang ada beberapa yang jadi kenyataan. Foto: zahanat.com

Oleh: Anisa Tri Kusuma |

Mungkin dulu kita sering menganggap perangkat teknologi canggih yang digunakan oleh James Bond hanya sebuah fiksi belaka. Tapi kini kita pun bisa membelinya.

semaranginside.com, Jakarta — James Bond, tokoh mata-mata Inggris yang tampan namun ‘mematikan’ ini telah menjadi salah satu icon film dunia. Karakter James Bond kerap membawa sejumlah gadget canggih yang bisa membantunya menyelesaikan misi. Alat seperti ransel jet, jam pintar, hingga telepon selular yang bisa mengendalikan mobil adalah beberapa peralatan canggih James Bond yang dulu hanya angan-angan, tapi sekarang ada beberapa yang jadi kenyataan.

Peralatan itu kini bukan sekedar fiktif belaka, karena beberapa perusahaan teknologi mulai memikirkan hal itu dan merealisasikannya dalam dunia nyata.

Ransel Jet
Ide ransel jet ini bisa jadi terinspirasi dari film James Bond berjudul Thunderball yang dirilis pada tahun 1965. Dalam film ini, James Bond terlihat menggunakan ransel jet untuk terbang dan melarikan diri dari 2 orang penembak. Ransel jet ini memudahkannya untuk bisa terbang dan berpindah tempat.

Setelah itu, diketahui pada tahun 2008, sebuah perusahaan asal Selandia Baru bernama Martin Aircraft mulai membuat mesin jet seperti pada film James Bond. Mesin ini dapat membawa seseorang terbang dengan ketinggian mencapai 1.500 meter, dengan kecepatan maksimum mencapai 97 km/jam. Baru-baru ini, Jetman Dubai merilis video yang menampilkan dua orang pria, yaitu Jetman Yves Rossy dan Vince Reffet yang sedang terbang menggunakan ransel jet.

Ransel jet ini membuat mereka bisa terbang mencapai ketinggian lebih dari 1.200 meter serta melakukan aksi menakjubkan di atas langit.

Kamera Inframerah
Sekarang ini, kamera bukan hanya sekedar menjadi alat yang dapat digunakan untuk mengabadikan momen menjadi foto. Kamera dapat digunakan dalam berbagai lingkungan, seperti di dalam air. Bahkan, kamera juga dapat digunakan untuk mendeteksi sebuah apa yang terdapat dalam sebuah objek melalui teknologi inframerah.

Baca Juga:  Pengamat: Komunikasi Prabowo Lebih Baik Dibanding Jokowi

Sebagai contohnya, ada kamera Olympus Stylus TG-5 yang dapat digunakan di dalam air sampai kedalaman 15 meter. Kamera ini juga dilengkapi dengan sistem pemosisi global, kompas, serta pengukur kedalaman dan tekanan. Jenis kamera inframerah bawah air ini juga terinspirasi dari film James Bond berjudul Thunderball (1965).

Di dalam film, digambarkan bagaimana Bond menggunakan kamera inframerah bawah air bisa untuk mendeteksi isi dari sebuah kapal yacht.

Sistem pengendali mobil via ponsel. Foto: Viva

Sistem Kendali Mobil Dari Ponsel
Salah satu kecanggihan teknologi yang terinspirasi dari film James Bond adalah sistem kendali mobil dari ponsel. Pada film Tomorrow Never Dies (1997), Bond mengemudikan mobil BMW 750 dari kursi belakangnya dengan menggunakan ponsel Ericsson. Kini, sudah mulai bermunculan aplikasi yang dibuat untuk bisa mengendalikan mobil melalui ponsel pintar.

Beberapa perusahaan seperti Jaguar dan Land Rover telah mengembangkan sistem khusus untuk bisa mengendalikan mobil, seperti memarkir mobil atau membuka pintu mobil ketika tidak bisa dibuka dengan menggunakan ponsel pintar.

Perusahaan-perusahaan kendaraan ini bekerja sama dengan beberapa penyedia sistem perangkat lunak seperti QNX, Windows, dan Linux untuk mengembangkan sistem kendali mobil dari ponsel.

Jam Tangan Pintar
Jam tangan kini bukan lagi sekadar menjadi sebuah alat penunjuk waktu. Kini telah lahir generasi jam tangan pintar, di mana jam tangan ini bisa digunakan selayaknya sebuah ponsel. Pengguna juga bisa melakukan berbagai aktivitas sehari-hari yang dibantu dengan jam tangan ini, seperti mendengarkan musik dan mengakses email.

Baca Juga:  Kabar PSIS: Arthur Bonai dan Kelvin Woppi Susul Shohei Matsunaga

Ide pembuatan jam tangan pintar ini sebenarnya telah ada di film James Bond sejak tahun 1983. Dalam film Octopussy, menampilkan jam tangan milik Bond yang memiliki layar kecil serta dapat digunakan untuk menerima transmisi serta melihat video secara langsung.

Belum lama ini, berbagai brand seperti Apple dan Fossil berlomba-lomba untuk meluncurkan produk jam tangan pintar. Meskipun sejauh ini jam tangan pintar yang sudah ada di pasaran belum bisa digunakan untuk menonton video secara langsung seperti pada film James Bond, tidak lama lagi pastinya kecanggihan jam tangan pintar ini akan terus diperbaharui.

Meja layar sentuh. Foto: Displax

Meja Layar Sentuh
Film James Bond selalu menghadirkan kecanggihan teknologi yang selalu memukai. Salah satunya adalah adanya meja pintar yang dapat disentuh. Meja ini terbentang bagaikan layar besar dari sebuah komputer yang dapat menampilkan gambar-gambar.

Dalam film Quantum of Solace (2006) diperlihatkan bagaimana para anggota MI6 menggunakan sebuah meja pintar yang dapat disentuh untuk mengakses dan mencari berbagai informasi terkait Dominic Green.

Meja ini dapat disentuh oleh orang-orang serta memudahkan penggunanya untuk melakukan pekerjaan, khususnya yang membutuhkan layar besar serta cara mengakses yang mudah. Hanya berselang dua tahun dari kemunculan film ini, pada tahun 2008 Microsoft dan Samsung merilis sebuah platform interaktif komputer yang diber nama Microsoft PixelSense.

Platform ini terlihat seperti meja besar yang bisa mendeteksi sentuhan jari, tangan, dan objek yang diletakkan pada layar. Meja ini juga menggunakan kamera sebagai media interaksi melalui penglihatan.

Gadget canggih James Bond mana yang ingin anda miliki? (Kbb)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of