Gambaran Megahnya Stadion Jatidiri Nanti

0
Stadion Jatidiri dalam perbaikan. Foto : @PemkotSmg

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Semarang – Proyek renovasi Stadion Jatidiri memasuki tahun keempat. Fokus utama pekerjaan pada pembangunan lintasan atletik yang berstandar internasional. Sementara pekerjaan lain adalah melanjutkan proyek sebelumnya.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Prambudi Trajutrisno mengungkap gambaran megahnya Stadion Jatidiri bila telah jadi nanti. Mulai dari sistem pencahayaan hingga desain aristekturnya.

“Lampu stadion tak lagi menggunakan menara. Lampu-lampu itu akan dipasang di bagian atap tribune. Dengan begitu, harapannya adalah tak ada lagi bayangan pemain di lapangan sehingga mereka bisa lebih leluasa bermain,” ujarnya.

Kemegahan sistem pencahayaan juga dimunculkan di bagian luar stadion. Lampu-lampu “berjalan” akan menyelimuti stadion sehingga kesan wah dan futuristik bakal muncul.

Baca Juga:  Sesaji Rewanda Mulai Dipromosikan

“Lampu-lampu di luar untuk menunjukkan eksistensi stadion. Jadi pengguna tol misalnya, bisa mengetahui juga keberadaan Stadion Jatidiri. Itu menghapus kesan sebelumnya yang sering gelap,” tambah Prambudi.

Soal lintasan atletik, dia mengungkapkan pihaknya akan mematuhi standar internasional. Lintasan itu bakal dibuat delapan trek melingkari lapangan. Tahun depan, pihaknya bakal melengkapi dengan fasilitas untuk persiapan atlet.

Selain itu, stadion tersebut juga bakal dilengkapi dengan puluhan ruangan. Menurut rencana, ruangan-ruangan itu disiapkan untuk sekretariat pengurus cabang olahraga yang bernaung di Koni Jawa Tengah. Dengan begitu, aktivitas harian selalu ada.

Soal lapangan sepak bola, Direktur Teknik PT Duta Mas Indah Muanam mengungkapkan, rumput yang digunakan disesuaikan dengan kondisi iklim di negeri ini. Pihaknya menggunakan jenis zoysia japonica.

Baca Juga:  Aplikasi Permudah Masyarakat Akses Layanan Kesehatan

“Jenis ini menurut kami sangat cocok dan memang sesuai standar. Beberapa stadion di Indonesia juga telah menggunakannya,” kata salah satu pimpinan perusahaan pelaksana proyek tersebut, Selasa (14/5).

Sistem drainase di lapangan juga sudah diatur sedemikian rupa sehingga saat hujan, lapangan tak tergenang lama. Air yang jatuh ke lapangan nantinya akan langsung terdistribusi lewat saluran-saluran yang disiapkan.

Muanam menambahkan, saat ini, pekerjaan lapangan terutama menyangkut rumput dan juga drainase masih dalam proses. Rumput di lapangan misalnya, masih dalam pemeliharaan sehingga tumbuhnya bisa sesuai yang diharapkan. Sementara saluran drainase akan disempurnakan seiring pembangunan lintasan atletik.(nug)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of