Geladi Bersih dan Jadwal Pelantikan DPRD Jawa Tengah 2019-2024

0
Ilustrasi. Ruang Sidang Paripurna DPRD Jawa Tengah.

Oleh: Agus Susilo

Semaranginside.com, Semarang – Sebanyak 120 anggota DPRD Jawa Tengah terpilih akan dilantik dan diambil sumpah janjinya pada Selasa, 3 September 2019. Sesuai undangan yang disebarkan oleh Sekretariat DPRD Jawa Tengah, prosesi acara akan dimulai pada pukul 09.00 WIB.

Sekretaris DPRD Jawa Tengah, Urip Sihabudin mengatakan pengmbilan sumpah janji akan dilakukan di lantai IV Gedung DPRD Jawa Tengah. Namun melihat jumlah undangan dan tamu yang banyak, maka sebagian akan ditempatkan di lantai V. Sekretariat DPRD juga menyediakan tenda di halaman DPRD yang berada di Jalan Pahlawan Kota Semarang.

Baca Juga:  Video Detik-Detik Menkopolhukam Wiranto Ditusuk di Pandeglang

Total undangan yang disebar sebanyak 995 lembar. Jumlah itu tersdiri dari Pimpinan Forkompimda Jawa Tengah, 35 Bupati/Wali Kota se-Jawa Tengah, Ketua DPRD Kabupaten/kota, Pimpinan Kanwil di Jateng, Rektor Perguruan Tinggi, BUMN di Jateng, pimpinan parpol, BEM dan organisasi masyarakat.

“Untuk keluarga (anggota DPRD terpilih) hanya dapat dua undangan, tapi itu tidak termasuk istri/suami,” kata Urip, Rabu (28/8).

Bagi anggota DPRD yang akan dilantik mengenakan pakaian sipil lengkap beserta peci hitam dan istri mengenakan baju nasional. Demikian juga sebaliknya jika yang terpilih sebagai anggota DPRD adalah perempuan.

Baca Juga:  Dua Pekan Kabut Asap Selimuti Pekanbaru

Urip mengatakan prosesi pengambilan sumpah janji ini telah diatur secara detil oleh Kemendagri. Sehingga kegiatan sudah terjadwal dan tak bisa ditambahi dengan kegiatan lain di luar aturan.

Agar pelaksanaan pengambilan sumpah janji jabatan lancar, Setwan juga mengadakan geladi bersih pada Senin (2/9). Jadwal geladi bersih ini mundur dari semula yag diagendakan pada 29 Agustus. Alasannya, masih banyak agenda DPRD yang mesti dijalankan dan mempertimbangkan anggota DPRD terpilih yang berasal dari luar kota. (Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of