Gresik United Dihukum Bayar Tunggakan Gaji 22 Pemain Senilai Rp458 Juta

0
Majelis Hakim Pengadilan Negeri Gresik menjatuhkan hukuman pada Persegres Gresik United. Foto: INI-Network

Oleh: Rizki Daniarto

Semaranginside.com, Gresik – Majelis Hakim Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) Gresik, Rabu (16/10),  menghukum PT Persegres Jaka Samudra sebagai pengelola klub sepak bola, Persegres Gresik United. Perusahan ini harus  membayar gaji 22 pemain senilai Rp 458.810.118.

Hukuman itu dijatuhkan kepada PT Persegres Jaka Samudra atas belum terbayarnya gaji 22 pemain Persegres Gresik United saat mengikuti kompetisi Liga 1 tahun 2017 silam.

“Menghukum tergugat dengan wajib membayar gaji 22 pemain senilai Rp 458 juta. Sementara tuntutan imateriil dan bunga sebagai denda, majelis hakim menganggap belum masuk unsur,” kata Ketua Majelis Hakim Silvya Terri saat sidang putusan di Pengadilan Negeri Gresik.

Baca Juga:  5 Pesan Imam Besar NU Garis Lurus untuk Prabowo-Sandi

Pada sidang putusan itu dua tuntutan penggugat tidak dikabulkan majelis hakim karena tidak masuk dalam unsur pertimbangan. Dua tuntutan yang tidak dikabulkan adalah bunga sesuai undang-undang sebesar enam persen per tahun dikalikan Rp 458.810.118, terhitung sejak Desember 2017. Tuntutan lain adalah menyita aset mes di Jalan Basuki Rahmad Nomor 9, Gresik

“Kami beri waktu kasasi pada penggugat atas putusan ini hingga 14 hari ke depan,” Silvya mengatakan yang kemudian menutup sidang.

Baca Juga:  Pengakuan Pelajar Papua: Saya Termakan Isu

Kuasa hukum 22 pemain (penggugat) dari Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) Jannes H Silitonga dan Apriyanto Hutomo mengaku puas atas putusan hakim dan tidak melakukan kasasi.

“Cukuplah. Terpenting hak pemain segera dipenuhi PT Persegres Jaka Samudra,” katanya. Selanjutnya hasil ini akan diteruskan ke pihak tergugat, termasuk ke Asprov PSSI Jawa Timur PSSI,  BOPI, Menpora, hingga FIFA.

Jannes menambahkan, pihaknya tidak terlalu risau meski ada peralihan pengelola Gresik United. Dia menegaskan pembayaran tunggakan gaji adalah tanggung jawab PT Persegres Jaka Samudra.

(Riz/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of