Hadiri Hari Batik Nasional, Jokowi Tiba di Solo

0
Gubernur Ganjar Pranowo menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo di Lapangan Udara Adi Soemarmo, Rabu (2/10). Presiden RI melakukan kunjungan kerja ke Solo menghadiri peringatan Hari Batik. Foto: Istimewa

Oleh: Agus Susilo

Semaranginside.com, Solo – Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di Solo, Rabu (2/10). Presiden dijadwalkan akan membatik bersama 500 pebatik di Istana Mangkunegaran Solo dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional 2019.

Presiden dan ibu negara tiba di bandara Adi Soemarmo pada pagi ini dan disambut oleh Gubernur Ganjar Pranowo dan istri. Jokowi dan Ganjar mengenakan batik sementara Iriana dan Atikoh mengenakan kebaya.

Kehadiran Presiden di agenda nasional ini sangat dinantikan. Ketua Panitia Hari Batik Nasional, Diana Santosa mengatakan kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap batik tradisional Indonesia.

Baca Juga:  Rekor Memalukan Usai Timnas Kalah dari Vietnam

Sehingga pasar batik yang sudah sedikit menurun dapat bangkit kembali. Kegiatan itu juga dilakukan sebagai simbol dukungan dan kecintaan pemerintah serta masyarakat terhadap batik Indonesia.

Dalam peringatan Hari Batik Nasional juga akan meluncurkan Buku Batik Indonesia dalam bentuk buku saku dan buku elektronik (e-book), sehingga masyarakat dapat mempelajari pengetahuan umum tentang batik secara mudah.

Buku tersebut, kata dia, akan dilengkapi dengan teknologi Augmented Reality (AR) agar masyarakat dapat melakukan kegiatan interaktif pada saat membaca. Pihaknya berharap dengan hal itu, pembelajaran batik dapat masuk ke kurikulum sekolah, sehingga sebagai warisan budaya dapat terus ter-regenerasi.

Baca Juga:  Tingkat Konsumsi Ikan Warga Kota Semarang Rendah

“Kami berharap dengan kegiatan ini, dapat meningkatkan semangat perajin batik terus berkreasi dan berkembang untuk kemajuan batik Indonesia. Masyarakat umum juga dapat menikmati akses informasi yang sudah ada melalui ‘www.yayasanbatikindonesia.id’ yang kami luncurkan pada tanggal 24 September 2019,” katanya.

(Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of