Hanif Dhakiri: BLK Semarang Rujukan Bidang Fashion

0
Menteri Ketenagkerjaan, Hanif Dhakiri menghadiri kegiatan di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang, Sabtu (12/10). Foto: Ade Lukmono/Semaranginside.com

Oleh: Ade Lukmono

Semaranginside.com, Semarang – Menteri Ketenagkerjaan, Hanif Dhakiri akan menjadikan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang menurut Hanif akan sebagai contoh pelatihan bidang fashion yang berhasil. Sejak BBPLK Semarang di-upgrade 2 tahun lalu, Hanif optimis akan memiliki daya saing tinggi bidang fashion, dibuktikan dengan keikutsertaan dalam fashion show di Paris.

“Semarang ini biar jadi model yang keren dan mengikuti perkembangan zaman. Dua tahun terakhir upgrade sebagai balai pelatihan kerja bidang fashion sudah jauh lebih bagus dan sudah ikut fashion show di mana-mana hingga Paris,” kata Hanif, Sabtu (12/10).

Hanif semakin optimis setelah melihat desain 49 peserta Fashion Paradise yang disaring melalui proses kurasi, di mana para peserta adalah generasi muda dari tingkat pelajar hingga mahasiswa.

Para pemuda Jateng dikatakannya memiliki potensi SDM yang sudah mumpuni. Selain itu banyak sentra batik dan tekstil yang berkembang sehingga mereka hanya perlu polesan agar semakin matang.

Pihaknya mendorong balai pelatihan punya kejuruan favorit. Bahkan di BBPKL sudah memiliki tempat khusus untuk melakukan fashion show yang megah. Hal tersebut dirasa bisa menjadi pemicu agar balai lebih serius dan fokus.

“Balai latihan kerja yang di bawah Kemenaker kita dorong satu atau dua kejuruan jadi favorit. Di Semarang fashion teknologinya, di Bekasi animasi dan game, Medan nanti mungkin pariwisatanya,” jelas Hanif.

Hanif berharap sekolah vokasi tidak dianggap sebagai pilihan kedua, namun jadi pilihan pertama. Karena semua orang tanpa melihat umur dan pendidikan bisa ikut pelatihan.

Kepala BBPLK Semarang Edy Susanto mengatakan pihaknya memiliki tugas menyiapkan SDM melalui pelatihan vokasi dengan program pelatihan dengan sarana fasilitas yang telah tersedia di BBPLK Semarang. BBPLK Semarang diharapkan mampu mengambil peran dalam memajukan industri kreatif tanah air melalui fashion.

(Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of