Hari Pertama Puasa, Cuaca Diprediksi Cerah

0

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Semarang – Cuaca Senin (6/5) diprediksi cerah hingga berawan. Kondisi tersebut diperkirakan terjadi pagi hingga siang nanti. Sementara sore hingga awal malam, hujan ringan tak merata bisa datang terutama di pegunungan.

Hal itu diungkapkan prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Semarang, Giyarto.

“Suhu udara berkisar 26-34 derajat Celcius dengan arah angin dari utara ke tenggara berkecepatan 10-20 km/jam,” ungkapnya.
Prediksi tersebut berlaku mulai pukul 07.00 hingga 19.00. Sementara itu, tinggi gelombang di Laut Jawa berkisar 0,1-0,5 meter.

Baca Juga:  Partisipasi Masyarakat Lebihi 80 Persen

Terpisah, BMKG Stasiun Meteorologi Cilacap telah mengeluarkan peringatan dini terkait tinggi gelombang di perairan selatan dan Samudera Hindia. Prakirawan Feriharti Nugrohowati mengungkapkan tinggi gelombang di perairan selatan bisa mencapai 2,5 meter sedangkan di Samudera Hindia bisa mencapai 6 meter.

“Perairan selatan di Cilacap, Purworejo, dan Kebumen serta Yogyakarta tinggi gelombang diprediksi mencapai antara 1,25-2,5 meter. Sementara tinggi gelombang Samudera Hindia di empat daerah tersebut diprediksi 4-6 meter,” ungkapnya.

Perahu nelayan, kapal tongkang, kapal ferry, serta kapal ukuran besar baik kapal kargo maupun kapal pesiar diminta memperhatikan keselamatan terkait prediksi tersebut. Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi, diminta waspada.(nug)

Baca Juga:  BMKG: Waspada Bencana Hidrometeorologis Akibat Badai MJO

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of