Hasil Penelitian, Daun Singawalang Ampuh Turunkan Gula Darah

0
Daun singawalang. Foto: Istimewa

Oleh: Rizki Daniarto

Semaranginside.com, Surabaya – Daun singawalang ternyata bisa bermanfaat bagi kesehatan. Seorang dosen Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Arifa Mustika, menyebut daun ini mampu menurunkan kadar gula darah.

Arifa sebelumnya melakukan penelitian dengan membuat ekstrak daun singawalang. Kemudian diujicobakan pada hewan rattus norvegicus atau tikus. Hasil penelitian menunjukkan, ekstrak daun singawalang efektif menurunkan kadar gula darah pada hewan coba model kencing manis.

Ia menyampaikan, daun yang berbentuk semak, merunduk, dengan tinggi kurang lebih satu meter ini tergolong obat herbal. Penelitian dilakukan dalam beberapa tahapan, yakni pembuatan ekstrak daun singawalang, uji komponen minyak, surfaktan, dan ko surfaktan.

Baca Juga:  Mengintip Cara Pak Harto Susun Kabinet Pembangunan

Arifa juga menyampaikan pengobatan herbal itu masih memiliki berbagai kendala. Dia masih membutuhkan riset untuk memperbaiki formulasi dan sistem penghantaran obat.

“Tujuannya untuk meningkatkan kadar bahan aktif sampai ke target organ yang dituju,” kata Arifa, Jumat (15/11).

Dijelaskannya, daun dengan jorong 6-19 sentimeter dengan bentuk runcing berujung tajam dan memiliki bau seperti marga bawang ini, diteliti dengan membuat formulasi ekstrak daun singawalang.

“Tujuannya mencari formulasi yang tepat  untuk ekstrak daun singawalang,” ujarnya.

Baca Juga:  Ada Salam Lintas Agama, Begini Pandangan MUI

Ia menyebutkan, daun tersebut ekstraknya mengandung berbagai macam senyawa. Salah satu fungsi obatnya dengan penghantaran bahan aktif dalam sistem nanopartikel.

Diketahui, gula darah  memegang peranan yang sangat penting dalam mencegah komplikasi kencing manis, kata Arifa, salah satu pengendalian kadar gula darah yang dapat dilakukan adalah dengan mengatur diet, olahraga, dan obat.

Menurutnya, menggunakan obat herbal untuk gula darah juga hal yang penting. Sebab, sering kali pengobatan tertentu kurang memperoleh hasil yang memuaskan. Dibutuhkan asupan lain untuk memenuhi kebutuhan tubuh agar tetap sehat.

(Riz/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of