Hentikan Kebiasaan Mengelap Mobil dengan Kanebo

0
Pakai kain microfiber untuk mengelap permukaan mobil kesayangan anda. Foto: Pricebook

Oleh: Anisa Tri Kusuma |

Microfiber menjadi bahan yang dianjurkan untuk membersihkan debu di permukaan mobil. Kain ini dianggap lebih aman karena tetap menjaga kondisi cat mobil

Semaranginside.com, Jakarta — Polusi udara membuat debu kerap menempel di permukaan kendaraan bermotor. Sayangnya, tidak semua pemilik punya waktu banyak untuk membersihkannya dengan cara mencuci. Kebanyakan, pemilik mobil mengakali keterbatasan waktu dengan melakukan sapuan pada bodi menggunakan kain chamois atau kanebo. Bahannya yang terbuat dari material karet, dipercaya dapat menyapu debu di permukaan bodi.

Padahal, cara tersebut bisa dibilang keliru. Struktur kanebo yang tidak menyiapkan ruang untuk menyerap partikel kotoran, membuat permukaan lap mengalami gesekan secara langsung dengan bodi mobil. Hal ini dikhawatirkan, bisa menimbulkan swirlmarks atau goresan samar pada kelir mobil.

Kain microfiber. Foto: Maximmart

Jika ingin mengelap debu sebaiknya gunakan kain microfiber. Lebih baik lagi jika kain microfiber yang digunakan bisa menimbulkan daya statis yang dapat memudahkan proses pengangkatan debu. Co-founder Les Elite, Teddy Yunantha mengatakan, bahwa selama ini masih banyak pemahaman yang keliru mengenai penggunaan lap berbahan karet tersebut.

“Biasanya, orang selalu menggunakan kanebo. Alasannya, karena lebih sederhana. Padahal, kan penggunaan itu (kanebo) bisa sebabkan goresan samar di bodi mobil,” ujarnya

Ketimbang kanebo, pria yang akrab disapa Teddy itu lebih menyarankan pemilik mobil, untuk gunakan kain jenis microfiber. Mengapa sebaiknya kita harus menggunakan kain microfiber untuk mengelap debu di bodi mobil? Karena kain microfiber memiliki dua sisi. Sisi halus untuk mengangkat debu, sedang sisi kasar buat mengeringkan. Jika mau dipakai untuk mengeringkan area yang basah, kain microfiber bisa menyerap hingga 300 ml air.

Cara membersihkan bodi mobil yang berdebu dengan menggunakan kain microfiber juga tergolong sederhana. Jika aplikasinya di bidang kering dan berdebu, jangan ditekan, cukup usap secara lembut dengan arah melingkar atau searah.

“Kain microfiber punya daya serap yang bagus, bahannya juga lebih lembut, jadi enggak bikin permukaan mobil lecet,” katanya.

Untuk mendapat hasil maksimal, pemilik mobil bisa menambahkan cairan pembersih khusus mobil. Teddy mengatakan, bahwa untuk membersihkan mobil pelanggan, dirinya biasa memakai cairan Nanomax. Melansir dari laman wikihow.com, Berikut cara membersihkan kaca mobil yang baik dan benar.

Membersihkan Bagian Luar Kaca Depan Mobil
1. Angkat Penyeka (wiper) di Kaca Depan Mobil
Sebelum menyemprotkan produk pembersih ke kaca depan mobil, pastikan area di bawah penyeka juga akan turut dibersihkan. Biarkan penyeka tetap terangkat selama proses pembersihan.

2. Semprotkan Separuh Kaca Mobil Dengan Produk Pembersih
Semprotkan pembersih kaca di bagian sisi kanan atau kiri, dan usahakan semprotan menyebar seluas mungkin di bagian kaca mobil yang ingin dibersihkan. Biasanya dua atau tiga semprotan sudah cukup, tetapi berikan 4-5 semprotan jika kaca mobil sangat besar.

3. Usap Kaca Mobil dengan Gerakan Vertikal Lurus
Ambil kain mikrofiber dan letakkan di ujung atas bagian tengah kaca depan mobil. Setelah itu, usap kaca lurus ke bawah sampai mencapai ujung bawahnya. Kemudian, awali kembali di ujung atas kaca, persis di sebelah bagian yang sebelumnya dilap. Usap kembali kaca depan mobil dengan gerakan vertikal lurus ke bawah. Teruskan proses ini sampaI mencapai ujung kanan atau kiri kaca mobil dan separuh kaca mobil sudah dilap sampai bersih.

4. Usap Kaca Dengan Gerakan Horizontal Lurus
Ketika separuh kaca mobil sudah dilap dengan gerakan vertikal lurus, lanjutkan dengan usapan horizontal. Awali kembali dari pertengahan ujung atas kaca, dan usap dalam gerakan horizontal lurus menuju ujung kaca mobil tempat Sahabat berdiri. Setelah itu, ulangi gerakan yang sama persis di bawah usapan sebelumnya. Teruskan proses ini sampai separuh kaca depan mobil bersih sepenuhnya.

5. Ulangi Proses Pengelapan pada Bagian Kaca yang Tersisa
Setelah separuh kaca mobil Sahabat selesai dibersihkan, lanjutkan ke separuh lainnya. Misalnya, jika sudah selesai mengelap kaca mobil di sisi kanan, saatnya meneruskan pekerjaan di sisi kiri. Hal ini memastikan kaca dibersihkan secara menyeluruh. Jika anda perlu mengelap bagian tertentu beberapa kali, usaplah dengan gerakan bolak-balik, dan jangan bersihkan kaca dengan gerakan melingkar karena dapat meninggalkan corengan.(Kbb)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of