Indonesia Bersiap Memasuki Era 5G

0

Oleh: Ade Lukmono

Semaranginside.com, Semarang – Beberapa operator seluler Indonesia saat ini sedang mempersiapkan untuk memasuki teknologi 5G. Persiapan yang kentara adalah XL yang sudah melakukan uji coba sebanyak tiga kali. Sedangkan, Smartfren juga sudah menjalin kerjasama dengan perusahaan internasional penyedia solusi telekomunikasi ZTE Corporation.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya mengatakan, pihaknya terus bersiap diri mengadopsi teknologi 5G yang merupakan teknologi jaringan yang tercanggih saat ini. Pihaknya yakin, implementasi 5G di Indonesia akan mampu mendorong produktivitas Sumber Daya Manusia Indonesia di masa mendatang.

“Uji coba kali ini melibatkan perangkat 5G dari sisi radio, antenna hingga core dan diimplementasikan melalui holographic call yang digunakan untuk pertemuan serta kolaborasi tanpa terbatas ruang dan waktu sebagai wujud peningkatan kualitas kerja,” paparnya, Jumat (23/8).

Baca Juga:  Teknologi Jantung 3D Untuk Membantu Dokter Bedah

Fiberisasi jaringan XL Axiata sudah terlaksana di semua ibu kota provinsi dan kota-kota besar di Jawa, Madura, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Lombok, terutama di kota atau area yang memang secara pertumbuhan data sudah memerlukan jaringan fiber.

Target XL Axiata, hingga akhir tahun 2019 nanti 50 persen BTS akan terhubung dengan jaringan fiber, dan akan terus ditingkatkan menjadi sekitar 60 hingga 70 persen pada akhir 2020. Saat ini, fiberisasi sudah menjangkau sekitar 30 persen BTS dengan sebagian besar mencakup wilayah Jawa.

Baca Juga:  Canggih! Software Ini, Bisa Ubah Gambar Sederhana Jadi Fotorealistik

Sedangkan Smartfren mengambil langkah untuk menggandeng ZTE untuk pengembangan infrastruktur telekomunikasi Indonesia, sehingga dapat meningkatkan kualitas jaringan broadband nasional.

“Saat ini, kami juga bersiap untuk segera melakukan Uji Coba 5G di Indonesia. Tidak hanya itu, Kolaborasi dengan ZTE juga dilakukan Smartfren untuk memperluas jaringan 4G di Indonesia,” kata Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys. (Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of