Indonesia Juara Umum ASEAN School Games 2019

0
Atlet pencak silat Indonesia di ASG 2019. Foto : inaasg2019

Oleh : Nugroho

Semaranginside,com, Semarang – Indonesia bisa dipastikan menjadi juara umum ASEAN School Games (ASG) 2019. Kepastian itu menyusul hasil beberapa pertandingan pagi dan siang ini. Hingga pukul 14.00, raihan medali Indonesia melejit, meninggalkan Thailand yang berada di posisi kedua.

Indonesia sejauh ini telah meraih 36 medali emas, 26 perak, dan 20 perunggu. Perolehan itu tidak bisa dikejar oleh Thailand meski beberapa pertandingan masih akan dilangsungkan sore nanti. Thailand saat ini meraih 27 emas, 27 perak, dan 27 perunggu.

Indonesia masih berpeluang menambah emas di cabang badminton, basket, serta voli. Bahkan di badminton ada tiga cabang yang menampilkan All Indonesian Final. Pada tunggal putri, Aisyah Sativa Fatetani  yang menjadi unggulan pertama bakal tampil di final menghadapi tunggal Thailand. Sementara pada ganda putra Ashgar/Rian juga melaju ke final.

Baca Juga:  Masuk Dewan HAM PBB, Pengamat: Dunia Akan Objektif Soal Isu Papua

Perolehan emas Indonesia pagi ini melejit berkat cabang olahraga pencak silat. Setelah mengantongi tiga emas dari kategori tarung putra dan putri, cabang tersebut juga menyumbang dua emas dari kategori seni. Untuk katagori seni putra, Indonesia berhasil meraih medali emas dari atlet Azharien Geofaninugrho dengan mengumpulkan 461 poin. Sedangkan untuk katagori seni putri diraih oleh Kyra Andhayu Noer dengan 461 Poin.

Pelatih pencak silat Indonesia katagori Seni, Tuti Winarni mengatakan hasil tersebut jauh dari prediksinya sebelum pertandingan ASG 2019.

Baca Juga:  Inspirasi Sehat Ala Sandiaga Uno

“Alhamdulillah semua berjalan lancar memang melebihi prediksi. Tapi bagi saya semua bisa berbicara jika sudah diatas matras,” katanya dikutip dari situs resmi ASG 2019.

Menurut Tuti, Azha dan Kyra menunjukan permainan yang baik. Dalam pertandingan, mereka dapat fokus dan tenang dalam mengeluarkan jurus-jurusnya.

“Untuk tingkat usia mereka cukup bagus ya. Memang banyak keuntungan pada kita. Bukan hanya dari anaknya tapi bertanding di Indonesia dengan banyak dukungan kemudian ada timnas senior juga jadi menjadi satu,” paparnya.(nug)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of