Ingin Tidur Nyenyak? Stop Kebiasaan Ini

0
Sehat dengan tidur nyenyak Foto fimela.com

Oleh: Anisa Tri Kusuma

Hindari kebiasaan-kebiadaan buruk ini, agar anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

Semaranginside.com, Jakarta — Tidur adalah sebuah kegiatan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh setiap manusia. Karena dengan tidur, tubuh kita bisa beristirahat dan tidur juga bisa memperbaiki sel-sel rusak yang ada dalam tubuh kita.

Dilansir dari laporan World Sleep Day, diperkirakan lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia mengalami gangguan tidur. Alasan utama di samping masalah medis adalah pola hidup dan aktivitas sebelum tidur yang salah. Sayangnya, masih banyak yang menganggap kurang tidur adalah hal yang lumrah, khususnya bagi kalangan pekerja. Padahal, pola tidur yang buruk tak hanya dapat membuat mood Anda berantakan dan sulit berkonsentrasi saat beraktivitas, tapi juga bisa berujung pada masalah kesehatan yang serius, mulai dari diabetes, obesitas, darah tinggi, hingga serangan jantung.

Namun, ada beberapa aktivitas sehari-hari yang justru bisa merusak kualitas tidur. Berikut aktivitas yang sering kita tak sadari bisa mengganggu kulitas tidur anda.

Masih sibuk di malam hari. Foto: CareerBuilder

1. Produktif di Malam Hari
Sebisa mungkin, selesaikan aktivitas yang membuat anda stres sedini mungkin. Jika tetap mengerjakan sampai jam tidur, pikiran anda masih akan tetap sibuk meski sudah di atas tempat tidur. Dokter sekaligus perwakilan American Sleep Association Neil Kline mengungkapkan, jika memang kerja larut malam diperlukan, luangkan waktu untuk bersantai sebelum tidur. “Daripada bekerja sampai sesaat sebelum tidur, lebih baik melakukan hal-hal yang menenangkan,” katanya.

Baca Juga:  Bandara Ahmad Yani Semarang Catat 68 Penerbangan Terganggu Karhutla

Kline menyarankan untuk mandi air panas, bermeditasi atau mendengarkan musik, sehingga tubuh rileks.

2. Mengganti Waktu Tidur di Akhir Pekan
Penulis buku “The Sleep Solution”, Christopher Winter mengungkapkan, banyak orang modern memiliki hutang tidur karena setiap malam tak cukup tidur. Oleh karena itu, tidur di akhir pekan menjadi pilihan untuk menebus sebagian dari tidur yang hilang. Namun jika terlalu banyak maka dapat mengacaukan siklus tidur tubuh. “Kamu tidak perlu menebus semuanya dalam sekali tidur (akhir pekan),” kata Dr. Winter.

Bermain gawai sebelum tidur. Foto: standard.co.uk

3. Bermain Gawai Sebelum Tidur
Tubuh memiliki ritme sirkadian yang menentukan kapan harus tidur dan bangun. Siklus secara alami berlangsung sekitar 24 jam, dan otak menggunakan cahaya untuk mengetahui apakah anda harus bangun. Cahaya rendah setelah matahari terbenam menandakan tubuh untuk memproduksi melatonin yang merangsang tidur. Namun, otak tidak tahu perbedaan antara sinar matahari dan cahaya dari ponsel, TV, dan bahkan lampu.

4. Merasa Panas di Malam Hari
Cahaya bukan satu-satunya hal yang memberi sinyal pada tubuh bahwa sudah waktunya tidur. Suhu dingin membuat tubuh pun bisa membuat kamu lebih tidur lebih cepat dan nyenyak. Menurut National Sleep Foundation, sebagian besar ahli merekomendasikan untuk menjaga suhu kamar tetap sejuk agar anda bisa tidur lelap.

Berolahraga di malam hari. Foto: grandslamfitness.co.in

5. Berolahraga di Malam Hari
Jika waktunya tepat, aktivitas fisik dapat membantu tidur lebih nyenyak di malam hari. Kendati olahraga umumnya membantu meningkatkan tidur nyenyak, berolahraga sebelum tidur dapat membuat pikiran tetap terjaga. “Olahraga keras sebelum tidur dapat menjadi kontraproduktif karena endorfin tersebut dapat tetap berada dalam sistem. Jika memungkinkan, cobalah berolahraga di pagi atau sore hari.

Baca Juga:  Sandiaga Berjanji Akan Kembangkan Pasar Tradisional

6. Minum Kopi di Sore Hari
Segala jenis kafein, termasuk dari teh dan soda tetap berada di sirkulasi lebih lama dari yang anda kira. Bahkan, meminumnya dalam waktu empat jam sebelum tidur dapat membuat kamu tetap terjaga di malam hari. Secangkir kopi dengan hidangan penutup mungkin tidak mengganggu semua orang, tetapi beberapa tubuh orang memetabolisme kafein lebih lambat.

7. Makan Tepat Sebelum Tidur
Tidur dengan perut kosong bisa membuat sulit tertidur, tetapi hindari makan makanan berat sebelum tidur. Jika masih ada makanan di usus, anda sedang memasukkan lebih banyak energi ke dalam pencernaan daripada tidur nyenyak. Ditambah lagi, makan saat larut malam bisa meningkatkan berat badan. Jika perut anda keroncongan di malam hari, coba siasati dengan camilan yang membantu tidur seperti sereal atau kacang. Atau, relaks kan tubuh dengan minum teh chamomile yang bersifat menenangkan.

Sepadat apapun aktivitas, anda wajib memiliki kualitas tidur yang baik. Hal itu bisa dimulai dari menghindari beberapa hal yang dapat mengganggu pola tidur anda. (Kbb)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of