Ini Alasan, Mengapa Putra Habibie Tutup Mata Kanan

0
Thareq Kemal Habibie. Foto: instagram

Oleh: Anisa Tri K

Semaranginside.com, Jakarta – Banyak yang bertanya, mengapa putra BJ habibie, Thareq Kemal Habibie, menggunakan penutup mata di sebelah kanan. Putra bungsu almarhum BJ Habibie itu mengungkapkan, jika dirinya menderita penyakit Glaukoma.

Thareq mengatakan, jika penyakit glaukoma yang dideritanya menghancurkannya 100 persen membuat sel-sel mata kanannya. Kondisi itu membuat penglihatan Thareq kabur.

“Di sini saya buka ya. Biar orang enggak bilang saya enggak katarak atau apa. Cuma kalau saya buka (penutup), saya enggak ngelihat apa-apa,” Ujar Thareq.

Menurutnya, dengan cara menutup bagian matanya yang sakit itu, membuat penglihatannya bisa lebih fokus. “Kalau saya buka gini, saya ngelihat itu buram. Kalau ketutup, saya bisa melihat fokus,” ungkap Thareq di kediamannya, Sabtu (14/9).

Menurut Thareq, sampai saat ini belum ada teknologi yang bisa memperbaiki atau melakukan penggantian retina secara memadai. Maka dari itu, Thareq memutuskan menutup sebelah matanya, demi bisa tetap melihat secara fokus.

Baca Juga:  Ini Urutan Prosesi Pemakaman BJ Habibie Siang Nanti

“Cuma kalau retina belum ada teknologi yang bisa mengganti. Paling banter sel-sel kayak gitu tapi masih jauh. Jadi saya sudahlah, daripada saya jalan mata seribu, mending saya tutup kayak gini biar bisa konsen,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengklarifikasi soal informasi yang menyebut jika mata ibunya, Ainun, dan ayahnya, BJ Habibie, akan didonorkan kepadanya.

Menanggapi isu tersebut, Thareq mengakui rencana donor mata itu memang sempat ada. Namun, akhirnya tidak dijalankan.

“Kalau mengenai kornea itu, itu juga enggak benar. Memang mereka donor. Tapi waktu ibu saya meninggal di Jerman, karena saking buru-buru, belum sempat diambil. Kalau bapak saya lebih lagi, orang saya ada di situ, siapa yang ngambil, kita langsung bawa ke kamar jenazah, mandiin, bawa ke sini,” jelas Thareq.

Baca Juga:  Presiden Sebut Habibie Pakar Teknologi Indonesia

“Jadi entah siapa yang buka hoaks, saya selalu bilang jangan percaya yang palsu,” tandasnya.

Sosok Thareq mulai dikenal publik saat ia datang untuk menyaksikan penandatangan kerja sama penerbitan perangko khusus Habibie-Ainun pada tahun 2017. Saat itu ia datang mewakili PT Thareq Habibie Carbon.
Mengutip laman Kapanlagi, penampilan Kemal dengan penutup mata bukan yang pertama kali. Ia pernah terlihat memakai penutup mata ketika menjenguk Ani Susilo Bambang Yudhoyono saat dirawat di Singapura. Penampilan yang sama terlihat saat dirinya menghadiri pemakaman istri SBY, termasuk saat mengumumkan kabar duka mendiang bapaknya. (*/Dry/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of