Ini Dia, Fitur WhatsApp Ada di Nokia ‘Pisang’

0
Nokia 8110 atau Nokia Pisang. Foto: instagram/dibaibaku

Oleh: Anisa Tri K

Semaranginside.com, Jakarta – Kabar baik bagi Anda penggemar Nokia 8110 4G atau yang lebih dikenal dengan julukan ‘ponsel pisang’. Ponsel Nokia yang merupakan produk reinkarnasi yang pernah dirilis tahun 1990an ini, kini menyediakan fitur aplikasi chatting WhatsApp.

Secara garis besar, fungsi standar dalam berkirim pesan, group chat, voice notes, dan berbagai foto maupun video dapat dilakukan pada WhatsApp di Nokia Pisang. Tidak disebutkan apakah ada fitur yang dikurangi. Melalui Twitter, Chief Product Officer HMD Global Juho Sarvikas mengkonfirmasi WhatsApp segera tersedia untuk ponsel pisang Nokia 8110 4G.

Baca Juga:  Bahaya Mengintai Saat Menggunakan VPN

Nokia 8110 versi ‘reborn’ ini sudah muncul perdana pada MWC 2018. Didukung sistem operasi Smart Feature OS dari KaiOS, membuat ponsel tersebut bisa menjalankan aplikasi yang biasanya ditemukan di smartphone, seperti Mengakses Google Assistant, Google Maps, YouTube, Facebook, Twitter, hingga game klasik ala Nokia, Snake. Bahkan, ia juga mendukung 4G, NFC, dan fitur seperti wi-fi dan bluetooth. Patut dicatat, jika hingga saat ini, masih banyak smartphone kelas menengah, yang belum menyediakan fitur NFC.

Sekadar info, Nokia Pisang ini bukan perangkat berbasis KaiOS pertama yang mendapat akses ke WhatsApp. Sebelumnya, JioPhone di India sudah bisa menggunakan aplikasi itu sejak tahun lalu.

Baca Juga:  Pemerintah Diminta Buat Aplikasi Whatsapp Lokal

Dengan ketersediaan aplikasi sosial media, kehadiran Nokia 8110 4G bisa jadi ‘ancaman’ tersendiri bagi para smartphone Android low-end. Meningat, banyak orang menyukai kesederhanaan ponsel klasik dan masih ingin menggunakan WhatsApp.

Sayangnya, buat kamu yang memilikinya, harus mau sedikit bersabar. Pasalnya, perusahaan tersebut masih terbatas untuk India saja. Kendati belum (atau tidak) tersedia di Indonesia, HMD Global sudah melakukan penjualan Nokia 8110 4G di pasar Eropa, Singapura, UEA, dan Arab Saudi. (*/Dry/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of