Ini Durian Monti, Berat 10 Kg dan Blasteran Thailand-Semarang

0
Memanen Durian Monti. Foto: Istimewa

Oleh: Ade Lukmono

Semaranginside.com, Semarang – Jika mendengar nama Durian Montong, yang terbayangkan adalah buah durian impor yang berukuran besar. Beberapa tahun terakhir, petani durian di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang berhasil mengembangkan durian ini dengan menyilangkannya dengan durian lokal Gunungpati.

Dengan penggabungan ini, muncul durian varian baru yang memiliki ukuran raksasa dengan rasa lokal yang kuat yang diberi nama Durian Monti. Durian ini memiliki rasa lokal yang lebih manis, tekstur legit dan tidak lembek.

Petani durian, Tumidiarso memaparkan cara dia mengembangkan durian monti. Durian Monti dibuat dengan batang bawah durian lokal, sedangkan entresnya menggunakan durian Montong. Perlu pemeliharaan dan perawatan yakni pemupukan yang rutin agar buah maksimal membesar.

Baca Juga:  Aturan Penghapusan Label Halal Disebut Lecehkan Umat Islam

Setelah beberapa musim dinantikan, akhrinya durian Monti berbuah. “Saya pernah panen beratnya sampai 10 kilogram,” kata Tumidi.

Dia menambahkan, durian ini bisa berbuah optimal pada Oktober hingga Februari. Untuk menikmati durian Monti, pengunjung harus memesan terlebih dahulu. Sebab, durian ini tidak bisa langsung disantap saat jatuh dari pohonnya.

“Durian Monti harus inden dulu. Ketika jatuh matang, harus menunggu empat hingga lima hari berikutnya untuk dikonsumsi biar rasa durian Monti lebih mantap,” tutur Tumidi.

Agar tidak kecewa, pengunjung disarankan untuk pesan terlebih dahulu di Sentra Kebun Durian Gunungpati, atau bisa kontak ke nomor whatsapp 081325153736.

“Jika tidak pesan terlebih dahulu, biasanaya tidak akan kebagian karena barangnya minim sedangkan peminatnya banyak banget,” imbuhnya.

Baca Juga:  Hadapi Fitnah, Begini Gaya Prabowo Dibanding Jokowi

Durian Monti ini merupakan satu dari dua jenis durian unggulan di Kota Semarang selain Durian Kholil yang dikembangkan oleh petani durian di Mijen dan sudah memiliki sertifikat nasional.

Di Sentra Kebun Durian Gunungpati, terdapat ratusan pohon durian yang ditanam di sana. Rata-rata sudah berbuah dengan ukuran durian yang terbilang lebih besar dibanding durian biasa.

Salah satu pengunjung asal Pati, Dista Zainul Chusna Zulbiri (26) mengaku kecewa lantaran tak bisa menikmati Durian Monti. Dia kurang informasi terkait sistem inden yang harus dilakukan untuk menikmati durian monti ini.

(Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of