Ini Tujuh Poin Revisi UU KPK

0
Ilustrasi Save KPK. Foto: Istimewa

Oleh: Muhajir

Semaranginside.com, Jakarta – Meski menuai kontroversi, DPR Ri telah menggedok revisi UU KPK. Ada tujuh poin kesepakatan dalam revisi.

Persetujuan itu diambil dalam Rapat Kerja Pengambilan Keputusan tingkat I antara Badan Legislasi (Baleg) DPR dan pemerintah pada Selasa pagi (17/9). Kemudian disahkan dalam rapat paripurna yang digelar pada Selasa siang (17/9).

Berikut tujuh poin revisi UU KPK yang disepakati DPR dan pemerintah:

1. Kedudukan KPK sebagai lembaga penegak hukum berada pada rumpun kekuasaan eksekutif yang dalam pelaksanaan kewenangan dan tugasnya tetap independen

Baca Juga:  Rencana Dwifungsi Khianati Amanat Reformasi

2. Pembentukan Dewas (dewan pengawas)

3. Pelaksanaan penyadapan

4. Mekanisme penghentian penyidikan dan atau penuntutan terhadap perkara tindak pidana korupsi yang ditangani oleh KPK

5. Koordinasi kelembagaan KPK dengan lembaga penegak hukum yang ada sesuai dengan hukum acara pidana, kepolisian, kejaksaan dan kementerian atau lembaga lainnya dalam pelaksanaan penyelidikan, penyidikan dan penuntutan perkara tindak pidana korupsi

6. Mekanisme penggeledahan dan penyitaan

7. Sistem kepegawaian KPK

Menkum HAM, Yasonna Laoly, saat menyampaikan pandangan pemerintah dalam rapat paripurna berharap UU KPK baru itu pencegahan dan penindakan bisa dilakukan dengan efektif tanpa mengabaikan Hak Asasi Manusia (HAM).

Baca Juga:  Kalah di Riau dan Aceh, Jokowi-Ma’ruf Amin Surplus 11,8 Juta Suara di Jateng

Dia mengatakan, korupsi makin sistematis. Meningkatnya tindak pidana korupsi makin tidak terkendali. Dalam upaya pencegahan tindak pidana korupsi, perlu dilakukan pembaruan hukum agar pencegahan dan pemberantasan lebih efektif.

“Mengutamakan pencegahan bukan berarti kegiatan penindakan diabaikan,” kata Yasonna.

Dia lalu menyampaikan persetujuan dari presiden atas revisi UU tersebut. “Presiden menyatakan setuju tentang perubahan UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK disahkan menjadi undang-undang,” ucap Yasonna. (EP/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of