Ini Urutan Prosesi Pemakaman BJ Habibie Siang Nanti

0

Oleh: Suandri Ansah

Semaranginside.com, Jakarta — Sekretaris pribadi BJ Habibie, Rubijanto menjelaskan rencana proses pemakaman almarhum Kamis (12//9). Almarhum akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta.

Rubijanto mengatakan, pemakaman jenazah akan dimulai pada pukul 12.30 WIB. Sebelum dikuburkan, akan dilaksanakan upacara serah terima jenazah dari keluarga kepada pemerintah.

“Diharapkan 30 menit selesai dan jam 13.00 tepat, start setelah zuhur dari kediaman Patra Kuningan menuju ke TMP Kalibata,” ujarnya, Rabu (11/9).

Dia mengatakan, Ketua Mahkamah Konstitusi, Anwar Usman akan mewakili pemerintah. Kemudian inspektur upacara akan diemban oleh Presiden Joko Widodo.

Baca Juga:  Piala Dunia U-20, Stadion Jatidiri Sudah Siap Loh

Presiden Jokowi mengenang sosok BJ Habibie sebagai seorang negarawan yang patut dicontoh dan dijadikan teladan. Dia mengaku sering berdiskusi berbagai persoalan bangsa dengan Habibie semasa hidupnya.

“Setiap persoalan-persoalan yang ada di negara kita, baik yang berkaitan dengan persoalan ekonomi atau persoalan kebangsaan, beliau selalu langsung menyampaikan solusinya, jalan keluarnya. Kadang sering beliau datang ke Istana ataupun saya yang datang ke rumah Pak B.J. Habibie. Saya kira beliau adalah seorang negarawan yang patut kita jadikan contoh dan suri teladan dalam berkehidupan,” kata Presiden Joko Widodo usai melayat di RSPAD Gatot Soebroto, Rabu (11/9).

Baca Juga:  Bengawan Solo Tercemar Lagi, Air Tak Bisa Dikonsumsi

Menurutnya, selain sebagai Presiden ke-3 RI, BJ Habibie juga sebagai seorang ilmuwan dan Bapak Teknologi Indonesia. Pria kelahiran Parepare, 25 Juni 1936, tersebut berpulang setelah menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto sejak 1 September 2019. (Aza/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of