James Harden Kecewa pada Wasit saat Laga Kontra Warriors

0
James Harden. Foto: Sports Illustrated

Oleh: Bagas Rizki Ilhami

Semaranginside.com, Jakarta Houston Rockets harus rela menerima kekalahan pada laga pertama Semifinal wilayah barat NBA 2018-2019 kontra Golden State Warriors. Mereka kalah tipis 104-100 dari Golden State Warriors di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat, Senin (29/4) waktu setempat. Bintang Rockets James Harden sebenarnya bisa saja mengimbangi skor, tetapi wasit tidak mengizinkan.

Rockets menilai wasit tidak adil kepada Harden di pertandingan itu. Mereka tidak meniup peluit pelanggaran dalam setidaknya empat kesempatan. Padahal Rockets yakin pemainnya itu jelas terkena pelanggaran ketika menembak tripoin.

Salah satu momen kontroversial terjadi di detik-detik akhir. Harden melepaskan tripoin di sisa 9,1 detik. Rockets tertinggal tiga poin. Forward Warriors Draymond Green lalu mengganggunya. Ia melompat ke arah Harden, cenderung mengenainya, tetapi wasit lagi-lagi tidak meniup peluitnya.

Chris Paul, garda utama Rockets, sempat meraih bola pantul dari tembakan Harden. Namun, ia tidak juga bisa mengimbangi skor dengan aksinya. Paul kemudian protes keras kepada wasit karena merasa Warriors mestinya melakukan pelanggaran. Wasit yang tidak terima dengan protes itu malah memberi garda utama andalan Rockets tersebut technical foul. Paul terpaksa keluar dari pertandingan.

Baca Juga:  CLS Knights Indonesia Singkirkan Saigon Heat

Dengan adanya kejadian-kejadian itu, Kepala Pelatih Mike D’Antoni ikut berang. Ia tidak terima dengan kepemimpinan wasit di pertandingan pertama. Ia mengatakan, wasit memang mengakui kesalahannya dalam beberapa kesempatan, tetapi itu tidak meredakan kekecewaan Rockets kepada mereka.

Sementara itu, Harden mengeluarkan unek-uneknya di ruang konferensi pers. Ia menuntut keadilan. Ia ingin wasit meniup peluit sebagaimana mestinya.

Di sisi lain, Warriors juga cukup berang dengan pendapat orang-orang di luar sana. Mereka tidak terima jika kemenangan pertamanya didapat karena wasit. Warriors merasa mereka juga mendapat perlakuan yang salah dari para pengadil.

Baca Juga:  Danilo Gallinari Menggila Saat Kalahkan Memphis Grizzlies

Andre Iguodala, forward Warriors, misalnya, menilai wasit terlalu mudah meniup peluit untuk Stephen Curry. Iguodala melihat, pemain terbaik NBA dua kali itu tidak bisa bermain dengan leluasa karena wasit. Ia selalu mendapat pelanggaran setiap kali melakukan penjagaan.

Sementara itu, Curry sendiri tampak lebih tenang. Ia menjelaskan seperti apa pertandingan berlangsung dan wasit yang bertugas. Curry mengatakan, Warriors telah menjaga Harden dengan baik. Namun, mereka bermasalah karena pelanggaran terus terjadi. Untungnya, Curry mau mencoba untuk tidak frustasi. Ia tetap memainkan perannya sebagai seorang bintang.

Dengan adanya isu wasit, pertandingan kedua akan berlangsung dengan berbagai narasi kritik terhadap para pengadil. Apalagi kedua tim masih harus bertanding sedikitnya tiga pertandingan lagi. Pada kesempatan itu, mereka memerlukan wasit yang pantas. (*/Dry)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of