Jateng Antisipasi Kejadian Hepatitis Pacitan

0

Oleh: Agus susilo

Semaranginside.com, Semarang – Provinsi Jawa Tengah diminta mengantisipasi penyakit hepatitis, sebagaimana yang terjadi secara luas di Pacitan Jawa Timur. Apalagi lokasi Pacitan dan perbatasan Jawa Tengah juga tidak terlalu jauh.

Anggota DPRD Jawa Tengah, Messy Widiastuti mengatakan musim kemarau menjadi salah satu penyebab penyakit tersebut. Kekurangan air bersih di masyarakat menjadi faktor utama. Bahkan, tak hanya penyakit hepatitis, kekurangan air bersih juga menyebabkan penyakit lain seperti disentri maupun kolera, serta inspeksi saluran pernapasan (Ispa).

Baca Juga:  Gen Z Lebih Senang Pekerjaan yang Memanfaatkan Teknologi

“Jawa Tengah harus melakukan upaya antisipasi penyebaran penyakit hepatitis. Jangan sampai seperti kejadian di Pacitan (Jawa Timur) yang meluas dan banyak yang menjadi korban,” kata Messy dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan), Minggu (14/7).

Sebagaimana diketahui, penderita hepatitis A di Pacitan saat ini jumlahnya mencapai 1.100 orang. Jumlah ini bisa jadi akan bertambah jika tak segera dilakukan pencegahan dan penyembuhan secara maksimal.

Messy yang merupakan dokter dan duduk sebagai anggota Komisi B DPRD ini mengatakan Dinas Kesehatan harus melakukan patroli. Bisa melalui petugas Puskesmas dan digerakkan terjun ke desa serta kelurahan. Hal ini dinilainya urgen sebagai upaya pencegahan. Jika ditemukan warga yang menderita hepatitis maka segera dilakukan penanganan.

Baca Juga:  Kiara: Negara Keliru Soal Kontribusi Perempuan Nelayan

Tak hanya Dinas Kesehatan, Dinas terkait, seperti BPBD juga harus tanggap jika ada keluhan dan permintaan pasokan air bersih. (Ags)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of