Jokowi Lebih Sreg dengan Prabowo Ketimbang SBY

0
Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, berswafoto bersama wartawan di Istana Presiden, Jakarta.

Oleh: Rudi Hasan

Semaranginside.com Jakarta – Gestur Presiden Joko Widodo saat menemui dua pimpinan partai belum lama ini menunjukkan perbedaan. Pakar komunikasi politik Universitas Gajah Mada Nyarwi Ahmad menilai Jokowi lebih suka bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, ketimbang Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono.

“Ketika ditanya, Jokowi meminta media bertanya ke SBY. Sementara dengan Prabowo tidak, cenderung lebih cair,” kata Nyarwi di Jakarta, Sabtu, (12/10).

Menurut dia, Gerindra tentu punya bargaining kuat ketimbang Demokrat. Dari sisi elektabilitas saja, Prabowo bisa memimpin partainya menempati posisi dua di parlemen.

Baca Juga:  Zulkifli Hasan: Diamnya KPU Sebabkan Distrust
Presiden Jokowi (kanan) dan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (10/10). Foto: Puspa Perwitasari/Antara

Hal itu tentu berbanding terbalik dengan Demokrat. Belum ada bargain kuat dari SBY terkait hal ini. “Daya tarik Gerindra untuk penyusunan koalisi ini sangat tinggi. Sementara Demokrat belum terlalu kuat,” sebut Nyarwi.

Di kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif Indobarometer Muhammad Qodari meenyampaikan hal serupa. Menurut dia, potensi Gerindra dilirik untuk masuk koalisi begitu besar.

Perhitungannya sederhana. Pada pilpres 2014, Jokowi dan Prabowo bersaing, dan diakhiri pengakuan Prabowo atas kemenangan Jokowi. Pada 2019, hal itu terulang dan memberikan arti.

Baca Juga:  Mengenali Gejala Kanker Darah Seperti yang Diderita Ani Yudhoyono

“Sebetulnya Jokowi-Prabowo menurut saya dekat. mereka saling mengunjungi, frekuensi pertemuan Jokowi-Prabowo lebih sering dibandingkan dengan SBY,” kata Qodari.

(Aza/INI-Network)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of