Juara Umum, Indonesia Raih 102 Medali di ASEAN Games 2019

0
Atlet ganda campuran bulu tangkis Indonesia. Foto : inaasg2019.com

Oleh : Nugroho

Semaranginside.com, Semarang – Indonesia berhasil menjadi juara umum ASEAN Games 2019 yang dilangsungkan di Kota Semarang. Secara keseluruhan tim tuan rumah meraih 102 medali. Rinciannya yakni 453 emas, 34 perak, dan 25 perunggu.

Raihan itu berhasil membawa Indonesia pada peringkat pertama. Thailand berada di peringkat kedua dengan 33 emas. Sementara negara-negara lain tak mampu meraih emas lebih dari 20.

Salah satu cabang penentu kemenangan Indonesia yakni bulutangkis. Pada final perorangan yang dilangsungkan di GOR USM, sore tadi (23/7), Indonesia berhasil menyapu bersih semua medali emas. Hal itu tentu layak disambut gembira mengingat prestasi bulutangkis negeri ini tengah dalam tren menurun.

Baca Juga:  Pembukaan ASEAN School Games Tidak untuk Umum

Tiga dari lima emas dari bulutangkis sudah dipastikan sejak kemarin setelah terjadi All Indonesian final. Ketiganya yakni nomor tunggal putra, ganda putri, dan ganda campuran. Pemenang final tadi masing-masing yakni Tegar Sulistyo, Jesita Putri Miantoro/Silvia Ratih, dan Teges Satriaji Hutomo/Lanny Tria Mayasari.

Sementara dua tambahan emas dari nomor tunggal putri atas nama Aisyah Sativa Fatetani dan nomor ganda putra yakni Ashgar Herfanda/Rian Cannavaro. Mereka semua menang di final melawan atlet dari Thailand.

Baca Juga:  ASG 2019; Dua Pesilat Tuan Rumah Melaju ke Semifinal

“Pertandingan tadi ramai, saya sih sudah siap capek saja. Target saya memang menang di sini (ASG 2019),” kata Aisyah yang sedang magang di PB PBSI dikutip dari situs resmi ASEAN Games 2019.

Ajang olahraga pelajar tersebut akan ditutup lusa.(nug)

Berikan Komentar

avatar
  Subscribe  
Notify of